Apa Itu Cacar Monyet & Cara Mencegah Cacar Monyet

multimedialy.com – Hallo sahabat multi bertemu lagi dengan admin yang selalu memberikan informasi yang menarik. Nah pada pembahasan kali ini admin akan membahas tentang Apa Itu Cacar Monyet & Cara Mencegah Cacar Monyet.

Cacar Monyet merupakan sebuah penyakit yang mana sekarang ini tengah menjadi perhatian dan perbincangan di tengah masyarakat.

Menurut WHO saat ini cacar monyet dilaporkan sudah meluas ke 12 negara non endemis yang berada di 3 regional WHO, yaitu regional Eropa, Amerika, dan Western Pacific.

Hal ini tentu saja meresahkan masyarakat umum di tengah mulai menurunnya kasus Covid 19. Mari kita ketahui lebih jauh tentang penyakit cacar monyet atau sering disebut dengan monkeypox ini ?

Cacar Monyet sendiri adalah sebuah penyakit zoonosis langka yang mana disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus cacar monyet sendiri termasuk ke dalam genus Orthopoxvirus.

Dalam familli Poxviridae. Genus Orthopoxvirus juga termasuk virus variola (penyebab cacar), virus vaccinia (digunakan dalam vaksin cacar), dan virus cacar sapi. Cacar monyet pertama kali ditemukan pada tahun 1958. 

Pada saat itu ditemukan sebuah wabah penyakit seperti cacar yang mana menyerang koloni monyet untuk penelitian, hal tersebutlah yang menyebabkan penyakit yang satu ini disebut dengan cacar monyet atau monkeypox.

Baca Juga:

Sebuah kasus cacar monyet yang menginfeksi manusia tercatat pada tahun 1970 di Republik Demokratik Kongo. Sejak saat itu, kasus cacar monyet dilaporkan telah menginfeksi orang-orang negara afrika tengah dan barat lainnya seperti: Kamerun, Republik Afrika Tengah, Pantai Gading, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Liberia, Nigeria, Republik Kongo, dan Sierra Leone.

Cara Mencegah Cacar Monyet

Apa Itu Cacar Monyet & Cara Mencegah Cacar Monyet
  • Hindari kontak dengan hewan yang dapat menjadi reservoir virus (termasuk hewan yang sakit atau yang ditemukan mati di daerah di mana cacar monyet terjadi).
  • Hindari kontak dengan bahan apa pun, seperti tempat tidur, yang pernah bersentuhan dengan hewan yang sakit.
  • Pisahkan pasien yang terinfeksi dari orang lain yang mungkin berisiko terinfeksi.
  • Lakukan cuci tangan yang baik dan benar setelah kontak dengan hewan atau manusia yang terinfeksi.
  • Menggunakan alat pelindung diri (APD) saat merawat pasien yang terinfeksi
  • Memasak daging dengan benar dan matang

Akhir Kata

Sekian pembahasan yang dapat admin sampaikan tentang Apa Itu Cacar Monyet Berikut Penjelasanya semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Admin akan kembali lagi dengan pembahasan yang takalah menarik lainnya. Agar anda tak ketinggalan dengan pembahasan yang akan admin sampaikan selanjutnya silahkan ikuti terus multimedialy.com.

Gallery for Apa Itu Cacar Monyet & Cara Mencegah Cacar Monyet

Leave a Reply

Your email address will not be published.