Apa itu Epoxy Lantai, Kelebihan dan Kekurangannya Untuk Lantai

Trend lantai dengan bahan material epoxy terus meningkat, sekarang ini banyak rumah modern jaman sekarang yang lebih menggunakan material epoxy untuk lapisan lantai agar terlihat mengkilap. Epoxy sendiri sering kita temui pada bandara hingga perumahan modern.

Dengan bahan yang satu ini anda bisa membuat lantai rumah yang terlihat cerah dan mengkilap yang tentunya akan menambah estitika interior rumah anda.

Buat teman-teman yang belum tahu Epoxy ini merupakan material pelapis lantai yang bahan utamanya terbuat dari campuaran resin dan bahan pengeras (poliamina).

Pergabungan 2 bahan tersebut membuat material ini menjadi sebuah meterial uang berbahan plastik namun tetap kaku sehingga durabilitasnya bisa terjamin.

Maka dari itu banyak tempat umum terutama yan dilewati banyak orang setiap harinya seperti rumah sakit, kantor pelayanan masyarakat, dan fasilitas umum lainnya yang menggunakan epoxy sebagai lantai bangunan mereka.

Lalu apa sih kelebihan epoxy lantai ini?

Kelebihan Epoxy Lantai

Daya Tahan yang Kuat dan Tahan Lama

Bicara membangun sebuah rumah maka kita bicara juga tentang pemakaian jangka panjang. Kalau bisa semua komponen dalam pembangunan rumah memiliki daya tahan yang baik agar kita sebagai pemilik rumah tidak perlu keluar budget lagi untuk perbaikan di masa yang akan datang.

Nah lantai epoxy ini seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya menggunakan bahan dari campuran resin dan pengeras yang secara bahan sangat mampu untuk menahan beban yang cukup berat dan tetap konsisten terjaga dari berbagai reaksi kimia yang bisa terjadi pada lantai. Sehingga lantai menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Pemasangan Cepat

Ya karena namanya sebuah lapisan maka untuk implementasi pemasangan lantai epoxy ini dapat dilakukan dengan sangat cepat dibandingkan misal dengan lantai berbahan keramik yang membutuhkan waktu yang lebih lama.

Cukup dengan melapilisi lantai dengan bahan epoxy ini maka semuanya sudah selesai, anda bisa membangun rumah menjadi lebih cepat yang artinya anda bisa menghemat juga biaya pemasangan jika dibandingkan anda menggunakan lantai keramik.

Membuat Rumah Terlihat Elegan dan Indah

Dengan lantai epoxy anda bisa membuat desain rumah yang terlihat minimalis dari segi lantai namun tetap terlihat mewah. Anda bisa memilih berbagai pilihan warna yang soft untuk terlihat elegant dan tetap minimalis ataupun dengan warna-warna cerah untuk memberi kesan yang lebih atraktif dan ceria.

Harga Relatif Murah

Memberikan elegan dan indah dipandang tidak menjadikan harga yang mahal untuk pengaplikasian. Malah lantai epoxy ini cenderung terjangkau dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Ya karena dari segi bahan dan pengaplikasian cukup mudah tidak berbelit-beli, anda bisa menyelesaikan lantai dalam skala luas dalam waktu yang singkat. Jadi tetap murah dan terlihat mewah.

Kekurangan Lantai Epoxy

Cukup Sulit Dibongkar

Karena bahan epoxy ini memang cukup kuat dari segi durabilitas ini bisa diartikan juga bahwa akan menjadi sulit untuk proses pembongkarannya. Anda akan memakan waktu lebih untuk membongkar lapisan epoxy pada lantai rumah.

Saran saya mungkin anda bisa menentukan matang-matang perencanaan pembangunan rumah anda misal untuk pemilihan warna pada lantai epoxy, karena memang jika anda berubah pikiran perubahannya cukup memakan waktu dan biaya.

Pengaplikasian Harus Pada Permukaan Lantai yang Rata

Epoxy ini haruslah teliti dan seksama dalam pengaplikasiannya, jangan sampai melapisi epoxy pada permukaan lainta yang tidak rata karena hasilnya pasti tidak akan sempurna seperti bertekstur dan bergelombang.

Untuk pengaplikasian perlu persiapan yang baik dan matang dari segi pengerjaan.

Untuk teman-teman yang tertarik menggunakan lantai epoxy pada rumah anda dan mungkin ingin tanya-tanya dulu dan tertarik menggunakan lantai epoxy sebagai lantai rumah bisa menggunakan jasa epoxy lantai disana juga ada daftar harga epoxy lantai so teman-teman bisa lihat-lihat dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.