Apa Itu Instagram dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Multimedialy.com – Instagram adalah aplikasi berbagi foto online gratis dan platform jejaring sosial yang diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012.

Instagram memungkinkan pengguna untuk mengedit dan mengunggah foto dan video pendek melalui aplikasi seluler.

Pengguna dapat menambahkan keterangan ke setiap posting mereka dan menggunakan tagar dan geotag berbasis lokasi untuk mengindeks posting ini dan membuatnya dapat dicari oleh pengguna lain dalam aplikasi.

Setiap posting oleh Pengguna muncul di umpan Instagram pengikut mereka dan juga dapat dilihat oleh publik saat ditandai menggunakan tagar atau geotag.

Pengguna juga memiliki opsi untuk menjadikan profil mereka pribadi sehingga hanya pengikut mereka yang dapat melihat posting mereka.

Seperti platform jejaring sosial lainnya, pengguna Instagram dapat menyukai, mengomentari, dan menandai posting orang lain.

Serta mengirim pesan pribadi ke teman-teman mereka melalui fitur Instagram Direct. Foto dapat dibagi pada satu atau beberapa situs media sosial lainnya-termasuk Twitter, Facebook dan Tumblr-dengan satu klik.

Instagram bukan hanya alat untuk individu, tetapi juga untuk bisnis. Aplikasi berbagi foto menawarkan perusahaan kesempatan untuk memulai akun bisnis gratis untuk mempromosikan merek.

Dan produk mereka. Perusahaan dengan akun bisnis memiliki akses ke metrik keterlibatan dan tayangan gratis.

Menurut situs web Instagram, lebih dari 1 juta Pengiklan di seluruh dunia menggunakan Instagram untuk berbagi cerita mereka dan mendorong hasil bisnis.

Selain itu, 60% orang mengatakan mereka menemukan produk baru melalui aplikasi.

Sejarah Instagram

Instagram dimulai di San Francisco oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, yang awalnya mencoba membuat platform yang mirip dengan Foursquare.

Tetapi kemudian mengalihkan perhatian mereka secara eksklusif ke berbagi foto. Kata Instagram adalah campuran dari “kamera instan” dan ” telegram.

Aplikasi iOS dirilis melalui iTunes App Store pada Oktober. 6, 2010, dan aplikasi Android dirilis pada tanggal 3 April 2012.

Popularitas platform meroket, dengan perusahaan melaporkan lebih dari 40 juta pengguna aktif hanya dua tahun setelah peluncuran. Ini menarik perhatian Facebook, yang secara resmi membeli Instagram seharga $1 miliar pada musim panas 2012.

Awalnya, hanya foto yang dapat diposting ke Instagram, tetapi perusahaan berkembang menjadi video berdurasi 15 detik pada tahun 2013. Pada 2016.

Instagram menaikkan durasi video maksimum menjadi 60 detik. Hingga 2015, Semua foto yang diposting ke Instagram dibatasi pada rasio aspek persegi.

Perusahaan mengubah ini untuk memungkinkan pengguna mengunggah foto dan video dalam ukuran penuh.

Perusahaan telah menjadi sumber beberapa kontroversi. Pada 2012, Instagram menambahkan kalimat ini ke kebijakan persyaratan layanannya:

Untuk membantu kami mengirimkan konten atau promosi berbayar atau bersponsor yang menarik, Anda setuju bahwa bisnis atau entitas lain dapat membayar kami untuk menampilkan nama pengguna, Kemiripan, foto Anda (bersama dengan metadata terkait).

Dan/atau tindakan yang Anda ambil, sehubungan dengan konten atau promosi berbayar atau bersponsor, tanpa kompensasi apa pun kepada anda.

Menyusul reaksi keras dari pengguna yang takut Instagram akan menjual foto dan pengenal mereka, CEO Systrom meyakinkan pengguna bahwa itu bukan niat perusahaan.

Bahasa itu dengan cepat dihapus dari kebijakan. Kontroversi tahun 2013 berpusat pada kritik bahwa Instagram menyensor foto yang tidak melanggar Syarat.

Dan ketentuan perusahaan dan bahwa penyensoran ini secara tidak adil menargetkan tubuh wanita. Keputusan Instagram pada tahun 2016 untuk beralih dari menampilkan foto timeline.

Dalam urutan kronologis ke menggunakan algoritma untuk menentukan urutan foto juga menarik umpan balik negatif.

Pada April 2017, Perusahaan memiliki 700 juta pengguna aktif, lebih dari dua kali lipat dari total basis pengguna Twitter.

Alat dan Fitur Pengeditan

Instagram menyediakan berbagai macam filter digital yang dapat diterapkan pada foto pengguna, termasuk yang menambahkan tampilan vintage atau pudar.

Fitur pengeditan lainnya termasuk Lux, efek yang mencerahkan bayangan, menggelapkan sorotan dan meningkatkan kontras.

Dan alat penyetelan foto memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kecerahan, kontras, saturasi, ketajaman, struktur, kelurusan dan warna.

Pergeseran kemiringan manual dan efek sketsa juga dapat ditambahkan ke foto. Pada 2017, Instagram meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna memposting banyak foto atau video sekaligus, disajikan dalam format korsel.

Mengambil inspirasi dari aplikasi Snapchat yang populer, Instagram memperkenalkan fitur Stories pada tahun 2016 yang memungkinkan pengguna untuk berbagi momen dari hari mereka yang hilang setelah 24 jam.

Instagram Stories mencakup kemampuan untuk menggabungkan filter dan stiker wajah berbasis augmented reality, dan kemampuan untuk menambahkan teks, gambar, emoji, tautan, dan geotag langsung ke foto atau video.

Pada April 2017, Instagram Stories mencatat 200 juta pengguna aktif, melampaui pengguna aktif Snapchat, saingan terbesarnya.

Instagram juga memiliki serangkaian aplikasi tambahan yang tersedia. Aplikasi ini adalah Boomerang, yang membuat gif khusus; Hyperlapse, yang membuat video time-lapse.

Dan Layout, yang membuat kolase gambar dengan banyak gambar. Saat diinstal, aplikasi ini dapat diakses langsung dari Aplikasi Instagram.

Cara Mengatur dan Menggunakan Instagram

Aplikasi Instagram tersedia untuk diunduh di iPhone Apple, iPad, dan perangkat iOS lainnya melalui App Store, dan di perangkat Android melalui Google Play.

Setelah terinstal, pengguna akan diminta untuk mendaftar secara gratis dan diberi opsi untuk memasukkan alamat email mereka.

Yang memerlukan pembuatan nama pengguna dan kata sandi, atau untuk masuk menggunakan akun Facebook mereka.

Pengguna baru dapat menemukan orang untuk diikuti di Instagram dengan meminta aplikasi melihat melalui teman Facebook mereka dan orang-orang di daftar kontak mereka.

Dari tab Beranda, layar pertama yang muncul saat aplikasi dibuka, pengguna Instagram dapat melihat foto dari akun yang mereka ikuti dalam format yang mirip dengan umpan berita Facebook.

Cerita Instagram-Diposting oleh pengguna yang Anda ikuti-ditampilkan di bagian atas umpan Beranda dalam bentuk foto profil melingkar.

Pengguna dapat mengakses Instagram Direct di sudut kanan atas umpan rumah mereka. Tab Jelajahi aplikasi Instagram memungkinkan anggota untuk mencari akun pengguna untuk mengikuti.

Atau menemukan foto pengguna dengan mencari tagar atau geotag. Tab Jelajahi juga menyajikan konten dan rekomendasi yang dikuratori berdasarkan aktivitas pengguna dan akun yang mereka ikuti.

Serta tagar yang sedang tren dan posting populer. Tab Aktivitas menampilkan keterlibatan terbaru pada posting dalam bentuk suka dan komentar, dan juga aktivitas terbaru dari yang diikuti pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.