Apa Itu Yang Dinamankan Teknologi Multimedia?

Multimedialy.com – Teknologi komputer telah merevolusi produksi informasi pada paruh kedua abad kedua puluh.

Komputer pribadi tradisional telah berorientasi teks atau data hingga 1980-an tetapi setelah tahun delapan puluhan grafis Lingkungan dimulai.

During1990 ” s kekuatan pengolahan informasi dan penanganan media yang berbeda meningkat sangat besar dan komputer pribadi mendapat berkembang sebagai mesin multimedia dan era teknologi multimedia muncul (Ramaiah, 1998).

Telah dikatakan oleh penelitian teknologi komputer laporan 1993, bahwa orang hanya mempertahankan 20 persen dari apa yang mereka lihat dan 30 persen dari apa yang mereka dengar.

Tapi mereka ingat 50 persen dari apa yang mereka lihat dan dengar (Keyas, 1994). Teknologi Multimedia memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan.

Dan memanipulasi data dari berbagai sumber seperti video, gambar, grafik, animasi, audio
dan teks pada platform perangkat keras tunggal.

Sekarang multimedia telah menjadi yang terbaru fenomena budaya di sektor informasi. Pendakian cepat multimedia teknologi selama dekade terakhir telah membawa perubahan mendasar pada
komputasi, hiburan dan pendidikan.

Pertumbuhan eksponensial teknologi multimedia dan aplikasi memiliki disajikan masyarakat komputerisasi dengan peluang dan tantangan yang di banyak kasus yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Hal ini menjadi lebih dan lebih populer karena efektivitas penerapannya dalam semua aspek kehidupan manusia.

Multimedia aplikasi telah berkembang ke titik memicu paradigma fundamental pergeseran dalam konsep transfer informasi dan presentasi.

Multimedia: Definisi

Istilah multimedia konstituen dari dua kata, “multi”dan ” medium”. Multi mengacu pada banyak yaitu setidaknya dua. Media adalah bentuk jamak dari medium.

Medium mengacu pada penyimpanan, transmisi, komunikasi, representasi, presentasi, masukan interaksi dan persepsi.

Artinya dapat merujuk pada tingkat yang berbeda dari abstraksi. Ini juga mengacu pada jenis informasi dasar seperti teks, grafik, gambar, audio, animasi, video dll.

Oleh karena itu multimedia adalah sebagai integrasi dari banyak jenis media (yaitu teks, grafik, gambar, audio, animasi, video dll) pada Media tunggal dalam unit informasi yang sama.

The Columbia Encyclopaedia telah mendefinisikan multimedia sebagai ” secara pribadi komputasi, perangkat lunak dan aplikasi yang menggabungkan teks.

Suara berkualitas tinggi, dua dan tiga dimensi grafis, animasi, gambar, dan video gerak penuh.” (Lagasse, 2000).

Menurut Vaughan ” multimedia adalah kombinasi dari teks, suara, animasi dan video yang disampaikan oleh komputer atau elektronik atau digital lainnya dimanipulasi berarti.

Ini adalah kombinasi tenunan dari teks yang dimanipulasi secara digital, foto, seni grafis, suara, animasi, dan elemen video.”(Vaughan,2008).

Newton mendefinisikan multimedia sebagai ” kombinasi dari berbagai jenis media dalam komunikasi informasi antara dua pengguna dan mereka komputer.

Format di mana informasi untuk komunikasi ada berbeda, tetapi biasanya mencakup komunikasi suara, pemrosesan suara dan pengolahan gambar.

Multimedia berarti bahwa konvergensi teknologi dari berbagai industri menjadi media komunikasi yang menyajikan sintesis komputer interaktif, video yang sangat kesetiaan dan suara.

Multimedia dengan demikian kombinasi pengolahan data standar dengan teks, grafik, animasi, suara dan video ” (Newton, 1998).

Dahmer mendefinisikan istilah sebagai ” sesuatu yang menggabungkan kemampuan
teknologi yang digunakan untuk menjadi terpisah – dapat menggabungkan hal-hal seperti teks

grafis, suara dan gambar diam atau gerak dengan cara yang halus untuk menyajikan informasi. Cetak, telekomunikasi, video, penyiaran.

Dan komputer telah bergabung dan hasilnya adalah apa yang sekarang kita sebut multimedia ” (Dahmer, 1993).

Penggunaan simultan dari dua atau lebih bentuk media yang berbeda (teks, grafis, animasi, suara dan video) untuk komunikasi informasi yang efektif disebut sebagai multimedia.

Grafik dan suara, video digital atau analog, animasi, hypermedia, interaktivitas, permainan komputer, realitas virtual, buku elektronik, CD-ROM, HDTV, telekomunikasi.

Dan banyak lainnya memiliki semua istilah telah dikaitkan dengan definisi multimedia pada satu waktu atau lain (Stubley, 1994).

Multimedia adalah teknologi yang melibatkan berbagai media termasuk teks, audio, video, grafik dan animasi baik secara terpisah maupun dalam kombinasi.

Menggunakan komputer untuk mengkomunikasikan ide-ide atau untuk menyebarluaskan
informasi.

Asal Usul Multimedia

Asal-usul multimedia dapat ditelusuri kembali dari beberapa terkenal penemuan. Penemuan mesin cetak pada tahun 1450 oleh Gutenberg membawa revolusi dalam pertumbuhan pengetahuan yang tercatat.

Transmisi Radio adalah diciptakan oleh G. Marconi pada tahun 1885, dan ia mendeteksi gelombang radio berseri-seri di Atlantik pada tahun 1901.

Yang sekarang menjadi media utama untuk penyiaran audio. Di bidang gambar diam, evolusi mikrofilm terjadi pada tahun 1839 dan film negatif pada tahun 1841.

Fotografi muncul pada tahun 1851. Bergerak gambar yaitu film sinematografi diciptakan pada tahun 1870. Cakram rekaman suara muncul pada tahun 1877.

Dan tape recorder magnetik pada tahun 1898. Pita suara digunakan pertama kali pada tahun 1899. Pada tahun 1908, rekaman video dan televisi diciptakan.

Kamera elektronik diciptakan pada tahun 1934 (Taylor, 1982). Evolusi mikrokomputer pada tahun 1945 telah membuat revolusi di bidang teknologi komputer.

Sistem penyimpanan optik berevolusi pada tahun 1985, dan itu adalah penting dalam hal ini (Vaughan, 2008).

Leave a Reply

Your email address will not be published.