Apa Yang Dimaksud Dengan Blockchain?

37 View

Multimedialy.com – Blockchain didefinisikan: Blockchain adalah buku besar bersama yang tidak dapat diubah yang memfasilitasi proses pencatatan transaksi dan pelacakan aset dalam jaringan bisnis.

Aset dapat berwujud (rumah, Mobil, uang tunai, tanah) atau tidak berwujud (kekayaan intelektual, paten, hak cipta, branding). Hampir semua nilai dapat dilacak dan diperdagangkan di jaringan blockchain, mengurangi risiko dan memotong biaya untuk semua yang terlibat.

Mengapa blockchain penting: bisnis berjalan berdasarkan informasi. Semakin cepat diterima dan semakin akurat, semakin baik. Blockchain sangat ideal untuk menyampaikan informasi itu karena menyediakan informasi langsung.

Bersama dan benar-benar transparan yang disimpan pada buku besar yang tidak dapat diubah yang hanya dapat diakses oleh anggota jaringan yang diizinkan. Jaringan blockchain dapat melacak pesanan, pembayaran, akun, produksi, dan banyak lagi.

Dan karena anggota berbagi pandangan tunggal kebenaran, Anda dapat melihat semua rincian dari ujung ke ujung transaksi, memberikan Anda kepercayaan diri yang lebih besar, serta efisiensi baru dan peluang.

Teknologi Buku Besar Terdistribusi

Semua peserta jaringan memiliki akses ke buku besar terdistribusi dan catatan transaksi yang tidak dapat diubah. Dengan buku besar bersama ini, transaksi dicatat hanya sekali, menghilangkan duplikasi usaha yang khas dari jaringan bisnis tradisional.

Tidak ada peserta yang dapat mengubah atau mengutak-atik transaksi setelah dicatat ke buku besar bersama. Jika catatan transaksi termasuk kesalahan, transaksi baru harus ditambahkan untuk membalikkan kesalahan, dan kedua transaksi kemudian terlihat.

Untuk mempercepat transaksi, seperangkat aturan yang disebut kontrak cerdas-disimpan di blockchain dan dieksekusi secara otomatis.

Kontrak cerdas dapat menentukan kondisi untuk transfer obligasi korporasi, termasuk persyaratan untuk asuransi perjalanan yang harus dibayar dan banyak lagi.

Transaksi tersebut menunjukkan pergerakan aset yang dapat berwujud (Produk) atau tidak berwujud (intelektual). Blok data dapat merekam informasi pilihan Anda: siapa, apa, kapan, di mana, berapa banyak dan bahkan kondisi — seperti suhu pengiriman makanan.

Blok-blok ini membentuk rantai data saat aset bergerak dari satu tempat ke tempat lain atau kepemilikan berpindah tangan.

Blok mengkonfirmasi waktu dan urutan transaksi yang tepat, dan blok terhubung dengan aman untuk mencegah blok diubah atau blok disisipkan di antara dua blok yang ada.

Setiap blok tambahan memperkuat verifikasi blok sebelumnya dan karenanya seluruh blockchain. Ini membuat blockchain tamper-evident, memberikan kekuatan kunci dari kekekalan.

Ini menghilangkan kemungkinan gangguan oleh aktor jahat – dan membangun buku besar transaksi yang dapat Anda dan anggota jaringan lainnya percayai.

Manfaat Blockchain

Apa yang perlu diubah: operasi sering kali membuang upaya untuk menyimpan catatan duplikat dan validasi pihak ketiga. Sistem pencatatan dapat rentan terhadap penipuan dan serangan cyber.

ransparansi yang terbatas dapat memperlambat verifikasi data. Dan dengan kedatangan IoT, volume transaksi telah meledak.

Semua ini memperlambat bisnis, menguras garis bawah – dan berarti kita membutuhkan cara yang lebih baik. Masuk ke blockchain.

Dengan blockchain, sebagai anggota jaringan Khusus Anggota, Anda dapat yakin bahwa Anda menerima data yang akurat dan tepat waktu.

Dan bahwa catatan blockchain rahasia Anda hanya akan dibagikan dengan anggota jaringan yang secara khusus Anda berikan akses.

Konsensus tentang akurasi data diperlukan dari semua anggota jaringan, dan semua transaksi yang divalidasi tidak dapat diubah karena dicatat secara permanen. Tidak seorang pun, bahkan administrator sistem, dapat menghapus transaksi.

Dengan buku besar terdistribusi yang dibagikan di antara anggota jaringan, rekonsiliasi catatan yang membuang-buang waktu dihilangkan.

Dan untuk mempercepat transaksi, seperangkat aturan-yang disebut kontrak cerdas – dapat disimpan di blockchain dan dieksekusi secara otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.