Apa Yang Dimaksud Dengan Sim Card?

47 View

Multimedialy.com – Kartu SIM, juga disebut modul identitas pelanggan atau modul identifikasi pelanggan, adalah kartu memori kecil yang berisi informasi unik yang mengidentifikasinya ke jaringan seluler tertentu.

Kartu ini memungkinkan pelanggan untuk menggunakan perangkat seluler mereka untuk menerima panggilan, mengirim pesan SMS, atau terhubung ke layanan internet seluler.

Untuk Apa Kartu SIM digunakan?

Beberapa ponsel memerlukan kartu SIM untuk mengidentifikasi pemilik dan berkomunikasi dengan jaringan seluler.

Misalnya, iPhone di jaringan Verizon memerlukan kartu SIM agar Verizon tahu Milik Siapa ponsel itu dan mereka membayar langganan, dan juga agar fitur tertentu berfungsi.

Ini penting dalam situasi penjualan kembali, di mana smartphone bekas kehilangan kartu SIM. Dengan demikian, Anda mungkin dapat menggunakan kamera perangkat atau fitur Wi-Fi.

Tetapi Anda tidak dapat mengirim teks, melakukan panggilan, atau terhubung ke jaringan internet seluler operator.

Beberapa kartu SIM bersifat seluler, yang berarti Jika ditransfer ke telepon baru atau yang ditingkatkan, nomor telepon dan detail paket operator juga ditransfer.

Demikian pula, jika ponsel kehabisan baterai dan Anda perlu melakukan panggilan telepon, dan Anda memiliki cadangan, Anda dapat memasukkan kartu SIM ke telepon lain dan segera menggunakannya.

Kartu SIM juga berisi sejumlah kecil memori yang dapat menyimpan hingga 250 kontak, beberapa pesan SMS, dan informasi lain yang digunakan oleh operator yang memasok kartu.

Baca Juga: Apa Saja Yang Termasuk Sarana Umum?

Di banyak negara, kartu SIM dan perangkat dikunci ke operator tempat perangkat dibeli. Ini berarti bahwa meskipun kartu SIM dari operator berfungsi di perangkat apa pun yang dijual oleh operator yang sama.

Itu tidak berfungsi di perangkat yang dijual oleh operator yang berbeda. Biasanya dimungkinkan untuk membuka kunci ponsel dengan bantuan dari operator.

Apakah Ponsel Saya Memerlukan Kartu SIM?

Anda mungkin pernah mendengar istilah GSM dan CDMA dalam kaitannya dengan smartphone Anda. Telepon GSM menggunakan kartu SIM sedangkan telepon CDMA tidak.

Jika Anda menggunakan jaringan CDMA seperti Verizon Wireless, Virgin Mobile, atau Sprint, ponsel Anda mungkin memiliki kartu SIM atau slot kartu SIM.

Ini kemungkinan besar karena standar LTE memerlukannya, atau karena slot SIM dapat digunakan dengan jaringan GSM asing. Namun, dalam situasi ini, fitur identifikasi tidak disimpan di SIM.

Ini berarti Jika Anda memiliki telepon Verizon baru yang ingin Anda gunakan, Anda tidak dapat memasukkan kartu SIM Anda saat ini ke dalam telepon dan mengharapkannya berfungsi.

Untuk melakukan itu, Anda harus mengaktifkan perangkat dari akun Verizon Anda. Kartu SIM pada ponsel GSM dapat ditukar dengan ponsel GSM lainnya.

Ponsel ini kemudian akan bekerja pada jaringan GSM yang SIM terikat, seperti T-Mobile atau AT & T. Ini berarti Anda dapat mengeluarkan kartu SIM di satu ponsel GSM dan memasukkannya ke dalam yang lain.

Dan tetap menggunakan data ponsel Anda, nomor telepon, dan layanan lainnya, tanpa mendapatkan persetujuan melalui operator seperti yang Anda harus ketika menggunakan Verizon, Virgin Mobile, atau Sprint.

Awalnya, ponsel yang menggunakan jaringan CDMA daripada jaringan GSM tidak menggunakan kartu SIM yang dapat dilepas. Sebagai gantinya, perangkat berisi nomor pengenal dan informasi lainnya.

Ini berarti bahwa perangkat CDMA tidak dapat dengan mudah dialihkan dari satu jaringan operator ke jaringan operator lainnya, dan tidak dapat digunakan di banyak negara di luar AS.

Baca Juga: Mari Ketahui Lebih Jauh Mengenai Asisten Virtual

Baru-baru ini, ponsel CDMA mulai menampilkan modul identitas pengguna yang dapat dilepas (R-UIM). Kartu ini terlihat hampir identik dengan kartu SIM dan berfungsi di sebagian besar perangkat GSM.

Seperti Apa Bentuk Kartu SIM?

Kartu SIM terlihat seperti sepotong kecil plastik. Bagian penting adalah chip terintegrasi kecil yang dibaca oleh perangkat seluler yang dimasukkan.

Chip berisi nomor identifikasi unik, nomor telepon, dan data lain yang spesifik untuk pengguna. Kartu SIM pertama kira-kira seukuran kartu kredit dan bentuknya sama.

Sekarang, kartu Mini dan Micro-SIM memiliki sudut cut-off untuk mencegah penyisipan yang salah ke ponsel atau tablet.

Berikut adalah dimensi dari berbagai jenis kartu SIM:

SIM penuh: 85 mm x 53 mm
Mini-SIM: 25 mm x 15 mm
Mikro-SIM: 15 mm x 12 mm
Nano-SIM: 12.3 mm x 8.8 mm
SIM tertanam: 6 mm x 5 mm

Berbagai Jenis Kartu SIM

Jika Anda memiliki iPhone 5 atau versi lebih baru, ponsel ini menggunakan Nano-SIM. IPhone 4 dan 4s menggunakan Kartu Micro-SIM yang lebih besar.

Ponsel Samsung Galaxy S4 dan S5 menggunakan Kartu Micro-SIM sedangkan Nano-SIM diperlukan untuk perangkat Samsung Galaxy S6 dan S7.

Terlepas dari perbedaan ukuran, semua kartu SIM berisi jenis nomor dan informasi pengenal yang sama pada chip. Kartu yang berbeda berisi jumlah ruang memori yang berbeda.

Tetapi ini tidak ada hubungannya dengan ukuran fisik kartu. Kartu mini-SIM dapat diubah menjadi Micro-SIM, asalkan hanya plastik yang mengelilingi kartu yang secara fisik dipotong atau dilepas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.