Bagaimana Cara Menjadi Asisten Virtual?

30 View

Multimedialy.com – Asisten Virtual adalah beberapa pekerjaan yang paling diminati saat ini berkat pertumbuhan pesat dalam bisnis online.

Pemilik dan manajer menyadari bahwa mereka tidak membutuhkan seseorang di kota tertentu atau dalam daftar gaji untuk menyelesaikan tugas, jadi mereka mencari bantuan virtual.

Itu berarti Anda (bekerja dari rumah atau di mana pun Anda inginkan) dapat menjadi sangat cocok untuk perusahaan di seluruh dunia.

Memberikan bantuan sebagai orang dukungan administratif virtual berarti melakukan apa yang dibutuhkan perusahaan melalui alat online yang mereka gunakan.

Dalam banyak kasus, itu adalah tugas yang sudah anda ketahui cara melakukannya dan program yang Anda gunakan saat ini.

Menjadi asisten virtual tidak memerlukan gelar yang lebih tinggi atau banyak (jika ada) pengalaman. Jika itu terdengar bagus untuk Anda, teruslah membaca.

Apa Itu Asisten Virtual?

Langkah pertama dalam mempelajari cara menjadi asisten virtual adalah menentukan bahwa itu adalah posisi yang tepat untuk anda.

Menjadi asisten virtual, juga disebut VA, berarti Anda pada umumnya adalah wiraswasta yang melakukan tugas administratif, teknis, dan terkadang penjualan atau pemasaran untuk bisnis.

Bagian “virtual” berarti semua aktivitas Anda dapat diselesaikan secara online, memungkinkan Anda untuk bekerja dari mana saja dengan koneksi internet yang baik.

Dalam kebanyakan kasus, VAs memberikan dukungan bagi para pemimpin bisnis. Ini bisa berarti menjaga kalender dan jadwal harian seseorang, menanggapi email.

Mengumpulkan informasi tentang target penjualan sebelum rapat, dan bahkan hal-hal seperti Memesan air dan makanan ringan untuk kantor fisik mereka.

Beberapa asisten virtual akhirnya melakukan pekerjaan yang sangat teknis. Ini dapat berarti Menjalankan beberapa program untuk menemukan prospek dan peluang bisnis.

Menjadwalkan posting media sosial dan kampanye email, melacak metrik pemasaran, atau melakukan pembukuan. Apa yang Anda lakukan dan bagaimana anda berspesialisasi terserah Anda.

Tetapi Anda harus memiliki gagasan tentang jenis tugas yang nyaman Anda lakukan sebelum melamar posisi asisten virtual.‍

Layanan Apa Yang Disediakan Asisten Virtual?‍

Asisten Virtual dapat dipanggil untuk melakukan semua jenis tugas untuk klien mereka. Terkadang Anda akan melakukan beberapa tugas khusus hanya untuk pemilik atau manajer.

Dalam kasus lain, Anda mungkin memainkan peran penting dalam fungsi bisnis utama dan merasa seperti bagian dari tim.

Menjadi asisten virtual memungkinkan Anda untuk menjadi fleksibel dan mengalami berbagai jenis lingkungan, kemudian fokus pada yang paling Anda sukai.

Berikut adalah beberapa spesialisasi paling umum yang termasuk dalam peran VA:

Pekerjaan admin umum: tugas administratif seperti mengelola kalender, menyortir email, menjawab panggilan telepon, membuat janji, dan tugas lain yang dilakukan asisten di tempat.

Manajemen Proyek: beberapa VAs menjalankan proyek untuk pemilik bisnis. Ini berarti Anda akan mengadakan rapat, meminta pembaruan dari anggota tim.

Dan membuat laporan tentang kemajuan proyek. Anda mungkin juga memiliki tanggung jawab untuk proyek yang tetap tepat waktu atau sesuai anggaran.

Pembukuan: dukungan keuangan sangat penting untuk setiap bisnis. Perusahaan kecil dan mereka yang menggunakan VAs sering perlu membantu memproses pembayaran.

Memeriksa biaya memverifikasi penggajian, dan membuat laporan anggaran reguler. Jika anda baik dengan angka dan bisnis, ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk memulai.

Penagihan dan faktur: perusahaan sering membutuhkan bantuan faktur klien mereka. Dalam peran ini, VA akan membuat faktur menggunakan platform perangkat lunak perusahaan.

Memverifikasi setiap faktur, mengirimkannya, dan membantu memproses pembayaran dan mencatatnya saat pembayaran selesai.

Penelitian konten: di sini Anda akan belajar tentang perusahaan, produknya, dan pelanggannya. Kemudian, tugas Anda adalah menghasilkan ide dan meneliti topik yang ditugaskan untuk memberikan informasi yang relevan.

Blogging dan menulis: terkadang, Anda juga akan menulis konten yang anda teliti. Ini biasanya dalam bentuk posting blog, tetapi VAs juga dapat disadap untuk menulis halaman web dan konten lainnya.

Riset pelanggan: bisnis yang berkembang sering kali perlu memahami siapa pelanggan mereka. Dalam hal ini, VAs akan diberikan tugas yang berkaitan dengan pelacakan dan analisis data yang disediakan oleh alat penelitian perusahaan.

Dukungan pelanggan: menjawab pertanyaan yang sering, mencari detail pelanggan, menerima pesan, dan umumnya membantu adalah tugas yang ditangani oleh sebagian besar asisten virtual freelance secara teratur.

Entri data: entri data umumnya adalah pekerjaan administrasi di mana Anda mengatur dan mengetik informasi.

Kadang-kadang dapat merekam umum atau mengetik informasi dan dalam kasus lain Anda mungkin memiliki tugas yang lebih rinci di mana Anda perlu menganalisis informasi yang Anda baca.

Manajemen pesanan E-commerce: umumnya, bentuk khusus dari dukungan pelanggan, banyak perusahaan e-commerce menggunakan asisten virtual untuk membantu mereka memahami pesanan saat ini, menemukan nomor pelacakan untuk pelanggan, dan bahkan mengisi kembali produk.

Pemasaran Email: Anda mungkin perlu mengirim email ke pelanggan atau mengelola urutan email dalam program pemasaran email.

Terkadang, asisten virtual akan menulis email atau menanggapinya, terutama jika tanggapan pelanggan mencakup hal-hal seperti menyiapkan rapat.

Manajemen media sosial: memposting di sosial, menjawab pertanyaan, dan memastikan bahwa merek terlihat bagus secara online adalah bagian dari manajemen media sosial.

Pemasaran media sosial: VAs dapat berspesialisasi dalam pemasaran yang terjadi di media sosial juga. Di sini Anda dapat membuat kampanye dan menetapkan pengeluaran, menentukan target iklan.

Atau mengambil laporan kampanye iklan dan mengumpulkan detail terkait untuk atasan Anda. Manajemen situs web: Asisten Virtual sering ditugaskan untuk membuat pembaruan dasar ke situs web.

Memposting konten, proofreading, dan banyak lagi. Anda mungkin perlu WordPress atau keterampilan lain untuk bersinar di sini.

Transkripsi: tugas akhir yang umum untuk VAs adalah mendengarkan rapat atau rekaman dan menuliskan apa yang telah dikatakan.

Beberapa pekerjaan mungkin juga meminta Anda untuk membuat catatan dan membuat laporan tentang apa yang telah dibahas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.