Begini Sejarah Singkat Mengenai Internet

Multimedialy.com – Internet dimulai pada 1960-an sebagai cara bagi para peneliti pemerintah untuk berbagi informasi.

Komputer di tahun 60-an berukuran besar dan tidak bergerak dan untuk memanfaatkan informasi yang disimpan di satu komputer.

Seseorang harus melakukan perjalanan ke situs Komputer atau memiliki kaset komputer magnetik yang dikirim melalui sistem POS konvensional.

Katalis lain dalam pembentukan Internet adalah pemanasan Perang Dingin. Peluncuran satelit Sputnik oleh Uni Soviet mendorong Departemen Pertahanan AS untuk mempertimbangkan cara-cara Informasi masih dapat disebarluaskan.

Ini akhirnya mengarah pada pembentukan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network), jaringan yang akhirnya berkembang menjadi apa yang sekarang kita kenal sebagai Internet.

ARPANET sukses besar tetapi keanggotaan terbatas pada organisasi akademik dan penelitian tertentu yang memiliki kontrak dengan Departemen Pertahanan.

Menanggapi hal ini, jaringan lain dibuat untuk menyediakan berbagi informasi. 1 Januari 1983 dianggap sebagai Hari Ulang Tahun Resmi Internet.

Sebelum ini, berbagai jaringan komputer tidak memiliki cara standar untuk berkomunikasi satu sama lain. Sebuah protokol komunikasi baru didirikan disebut transfer Control Protocol / Internetwork Protocol (TCP/IP).

Ini memungkinkan berbagai jenis komputer di jaringan yang berbeda untuk “berbicara” satu sama lain. ARPANET dan jaringan data Pertahanan secara resmi berubah menjadi standar TCP / IP pada tanggal 1 Januari 1983.

Maka lahirnya Internet. Semua jaringan sekarang dapat dihubungkan dengan bahasa universal.

Model Komputer Univac I, c. 1954

Gambar di atas adalah model skala UNIVAC I (nama singkatan dari Universal Automatic Computer) yang dikirim ke Biro Sensus pada tahun 1951.

Beratnya sekitar 16.000 pon, menggunakan 5.000 tabung vakum, dan dapat melakukan sekitar 1.000 perhitungan per detik. Itu adalah komputer komersial Amerika pertama.

Serta komputer pertama yang dirancang untuk penggunaan bisnis. (Komputer bisnis seperti UNIVAC memproses data lebih lambat daripada mesin tipe IAS.

Setapi dirancang untuk input dan output yang cepat.) Beberapa penjualan pertama adalah ke lembaga pemerintah, A. C.

Perusahaan Nielsen, dan Perusahaan Asuransi Prudential. UNIVAC pertama untuk aplikasi bisnis dipasang di Divisi Alat Listrik Umum, untuk melakukan penggajian, pada tahun 1954.

Pada tahun 1957 Remington-Rand (yang telah membeli Eckert-Mauchly Computer Corporation pada tahun 1950) telah menjual empat puluh enam mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.