Indo Boga Sukses Mantap Melantai di BEI

54 View

multimedialy.com – Hallo sobat bertemu lagi dengan admin yang selalu memberikan informasi menarik. Nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang Indo Boga Sukses Mantap Melantai di BEI.

PT Indo Boga Sukses Tbk semakin memantapkan langkahnya untuk segera melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ini semua didasari oleh kinerja usahanya yang menunjukkan perbaikan pada tahun 2021 dan juga prospek usaha yang menjanjikan di masa mendatang.

Direktur Utama Indo Boga Sukses, Edi Nugroho, mengatakan pada tahun 2021 bahwa perusahaan yang menjalankan usaha restoran dan aktivitas perusahaan holding ini mampu mencetak laba sebesar Rp 8,64 miliar. Capaian ini naik 104% dibandingkan dengan tahun 2020 sebesar Rp 4,2 miliar.

“Kenaikan laba terutama Dikarenakan oleh hasil kinerja dari perdagangan ikan yang dilakukan oleh PT Indo Nations Harvest sudah dijalankan selama 12 bulan penuh pada tahun 2021,” ujar Edi

Baca Juga: Kisi-Kisi Soal Tes PGN dan Tes Kecerdasan PGN

Kenaikan laba seiring dengan kenaikan pendapatan Indo Boga sebesar 26% menjadi Rp 67,34 miliar. Peningkatan pendapatan ini pun ditopang oleh perdagangan ikan yang mana dilakukan oleh anak usaha, Indo Nations, yang sudah dijalankan selama 12 bulan penuh pada tahun 2021.

Edi pun telah menambahkan, aset lancar Indo Boga telah mencapai Rp 25,83 miliar di akhir tahun. Aset lancar Indo Boga meningkat 38% dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp 18,76 miliar. Kenaikan ini terutama dikarenakan oleh persediaan di PT Kairos Sukses Indonesia dan Indo Nations.

Sementara itu untuk total liabilitas Indo Boga sebesar Rp 37,99 miliar, naik 69%. Kenaikan ini terutama dikarenakan oleh adanya penambahan utang pajak, utang usaha dan utang bank. Sedangkan untuk saldo ekuitas sebesar Rp 171,62 miliar, turun 7%.

Baca Juga: Tes Kepribadian Bumn Dan Contoh Tes Kepribadian Bumn

“Penurunan ini terutama dikarenakan oleh perubahan kepentingan nonpengendali atas kepemilikan saham minoritas di Indo Nations dan Kairos Sukses,” kata Edi.

Indo Boga akan melakukan menawarkan dengan sebanyak-banyaknya 1,61 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp 25 per saham di perhelatan initial public offering (IPO). Jumlah ini setara 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Nah untuk harga penawaran umum perdana saham Indo Boga dalam masa bookbuilding yaitu Rp 65 per saham-Rp 100 per saham. Dengan rentang harga tersebut, jumlah seluruh nilai penawaran umum sebanyak-banyaknya Rp 160,73 miliar.

Di saat yang sama, perusahaan pun akan menerbitkan maksimal 803,68 juta waran seri I atau sebanyak-banyaknya 12,50% dari jumlah saham pada saat pendaftaran IPO disampaikan. Waran akan diberikan dengan secara gratis kepada pemegang saham baru Indo Boga.

Indo Boga sudah menunjuk PT NH Korindo Sekuritas Indonesia dan PT Surya Fajar Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek. “Masa penawaran awal berlangsung pada 31 Maret sampai 6 April 2022. Sesudah itu, tanggal efektif diperkirakan pada tanggal 14 April 2022,” kata Edi.

Baca Juga: Teks Faktual Adalah Berita yang Berdasarkan Kenyataan, Berikut Penjelasannya

Masa penawaran umum perdana saham perusahaan akan dilakukan pada tanggal 19 sampai 21 April 2022. Penjatahan akan dilakukan pada tanggal 21 April 2022, disusul distribusi saham per 22 April 2022 dan pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 25 April 2022 atau sekitar sepekan sebelum Idul Fitri.

Akhir Kata

Sekian pembahasan tentang Indo Boga Sukses Mantap Melantai di BEI semoga pembahasan ini dapat berguna untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.