Jangan Ngecas HP sampai Baterai 100 Persen

multimedialy.com – Pada jaman sekarang, Handphone atau biasa disingkat HP sudah menjadi kebutuhan primer banyak orang.

Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, tidak sedikit yang sangat bergantung terhadap HP dalam kehidupan sehari-hari.

Di zaman modern ini, HP membantu kita untuk bisa berkomunikasi, mencari informasi, dan menjadi hiburan yang sangat praktis.

Seperti alat elektronik lainnya, HP juga butuh daya. Daya HP harus diisi ulang atau di-charge atau kita akrab dengan istilah ‘cas’.

Mengecas HP umumnya dilakukan pada saat persentase daya HP hampir habis yang diisi hingga persentase baterai mencapai 100 persen.

Baca Juga:

Jangan Lagi Ngecas HP sampai Baterai 100 Persen Bisa Bikin Handphone Cepat Rusak

Jangan Ngecas HP sampai Baterai 100 Persen

Tetapi, tahukah anda jika ternyata ngecas HP sampai 100 persen itu tidak disarankan?Padahal, kita hampir selalu mengecas HP hingga 100 persen, bukan?

Lantas, kenapa mengecas HP hingga 100 persen justru tidak disarankan, ya?

Tak Disarankan Ngecas HP Hingga 100 Persen Orang-orang beranggapan bahwa mengecas HP hingga 100 persen akan membuat HP semakin awet.

Bahaya Ngecas HP Sampai 100 Persen

Namun, fakta justru kebalikannya, gays. Mengecas HP sampai 100 persen malah akan membuat HP tidak awet.

Melansir dari KompasTekno, HP kita umumnya telah menggunakan bahan lithium-ion. Nah, baterai HP yang terbuat dari bahan tersebut akan mempunyai sebuah usia lebih panjang jika diisi daya dengan tegangan rendah.

Karena, jika tegangan listrik semakin meningkat, maka penurunan daya tampung baterai juga akan terjadi.

Sebab, setiap penurunan tegangan 0,1 volt, maka siklus hidup baterai akan meningkat. Nah, oleh karena itu, kita disarankan untuk tidak sering-sering mengecas HP kita hingga 100 persen.

Maksimal 80 Persen

Daya baterai maksimal yang disarankan setiap mengecas HP adalah 80 persen. Mengecas HP hingga 80 persen bertujuan agar voltase atau tegangan tetap rendah dan membuat baterai lebih awet.

Pengisian daya HP yang tidak sampai 100 persen ini dinamakan pengisian daya model parisal. Selain itu, model parisal juga harus rutin dilakukan supaya HP dan baterai menjadi panjang umur.

Jadi, anggapan bahwa rutin mengecas HP hingga 100 persen itu bisa membuat HP awet sebenarnya kurang tepat.

Kita tentu boleh mengecas HP hingga 100 persen pada saat kondisi tertentu, misal hendak keluar rumah dalam waktu lama. Nah, untuk keperluan sehari-hari, sebaiknya mengecas HP hanya sampai 80 persen saja.

Akhir Kata

Nah mungkin hanya itu ulasan yang dapat admin sampaikan tentang Jangan Ngecas HP sampai Baterai 100 Persen semoga pembahasan kali ini dapat berguna untuk anda semua.

Gallery for Jangan Ngecas HP sampai Baterai 100 Persen

Leave a Reply

Your email address will not be published.