Jenis Asuransi Jiwa Yang Perlu Diketahui

Multimedialy.com – Asuransi jiwa memiliki manfaat yang berbeda. Karena itu, ada beberapa jenis asuransi jiwa yang perlu Anda ketahui. Mari kita lihat jenis-jenis asuransi jiwa berikut:

1. Asuransi Jiwa Berjangka

Semua produk asuransi jiwa berjangka memberikan pertanggungan untuk jangka waktu tertentu yang dikenal dengan istilah polis. Manfaat polis asuransi ini hanya dapat dibayarkan jika:

Jika tertanggung masih hidup sampai berakhirnya jangka waktu yang ditentukan, maka polis akan memberikan hak kepada pemegang polis untuk melanjutkan pertanggungan asuransi jiwa.

Jika pemegang polis tidak melanjutkan pertanggungan, polis akan berakhir dan perusahaan asuransi tidak berkewajiban untuk memberikan pertanggungan lebih lanjut.

A. Asuransi Jiwa Berjangka dengan Uang Pertanggungan tetap (Level Term Life Insurance), yang memberikan manfaat kematian dalam jumlah yang sama selama jangka waktu polis.

B. Asuransi Jiwa Berjangka dengan penurunan Asuransi Jiwa Berjangka, yang memberikan manfaat kematian yang nilainya menurun selama masa pertanggungan.

Manfaat polis ini dimulai dengan jumlah pertanggungan yang telah ditentukan sebelumnya dan kemudian menurun selama periode pertanggungan sesuai dengan metode yang dijelaskan dalam polis.

C. Asuransi Jiwa Berjangka dengan Asuransi Jiwa Berjangka yang meningkat, yang memberikan manfaat kematian yang dimulai pada nilai tertentu dan meningkat dengan nilai atau persentase tertentu pada interval yang telah ditentukan selama jangka waktu polis.

  1. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi ini memiliki 2 (dua) karakteristik, yaitu:

  1. Memberikan pertanggungan asuransi jiwa kepada Tertanggung selama polis masih berlaku (berlaku); dan
  2. Memberikan perlindungan asuransi dan mengandung unsur tabungan.

Jenis-jenis pertanggungan asuransi jiwa adalah:

A. Asuransi Jiwa Seumur Hidup tradisional

Jenis asuransi ini memberikan pertanggungan seumur hidup dengan tingkat premi tetap (tingkat premi) yang tidak bertambah seiring dengan bertambahnya usia Tertanggung.

B. Asuransi Jiwa penyintas terakhir

Jenis asuransi ini juga disebut sebagai asuransi jiwa second-to-die, yang merupakan jenis asuransi jiwa gabungan di mana manfaat polis hanya dibayarkan setelah kedua Tertanggung atas polis tersebut meninggal dunia.

Premi asuransi jiwa ini hanya dibayarkan sampai tertanggung pertama meninggal dunia atau premi dapat dibayarkan sampai tertanggung kedua meninggal dunia.

Asuransi ini dirancang khusus untuk memberikan pertanggungan kepada pasangan menikah yang ingin memiliki dana untuk membayar pajak properti yang dikenakan setelah kematian mereka.

C. Asuransi Jiwa Bersama

Asuransi jenis ini memiliki fitur dan manfaat yang sama dengan asuransi jiwa seumur hidup bagi individu kecuali bahwa asuransi ini mencakup dua nyawa dalam polis yang sama.

Sering disebut asuransi jiwa first-to-die karena setelah kematian salah satu tertanggung, manfaat kematian dalam polis akan dibayarkan kepada Tertanggung yang masih hidup dan pertanggungan polis berakhir.

  1. Asuransi Endowment

Jenis asuransi ini memberikan sejumlah manfaat apakah tertanggung hidup sampai akhir masa asuransi atau meninggal selama masa asuransi.

Setiap polis asuransi jiwa endowment memiliki tanggal jatuh tempo, yaitu tanggal pembayaran uang pertanggungan oleh perusahaan asuransi kepada pemegang polis jika tertanggung masih hidup.

Tanggal jatuh tempo akan tercapai pada akhir periode waktu yang telah ditentukan, atau ketika Tertanggung mencapai usia yang ditentukan.

  1. Asuransi Unit Link

Asuransi Unit Link adalah asuransi yang menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Premi yang dibayarkan akan dialokasikan ke dalam dua mekanisme pengelolaan yang terpisah.

Yaitu pengelolaan premi dasar untuk tujuan perlindungan dan pengelolaan premi investasi. Premi investasi dikelola oleh manajer investasi atau ahli investasi perusahaan.

Dengan membeli produk unit-linked, orang yang diasuransikan dapat memperoleh manfaat dari perlindungan asuransi serta pengembalian investasi. Produk Unit link di Indonesia umumnya dikelola oleh perusahaan asuransi jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *