Khilafatul Muslimin Adalah Ini Dia Penjelasanya

91 View

multimedialy.com – Hallo sahabat multi bertemu lagi dengan admin yang selalu memberikan informasi yang menarik. Nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang Khilafatul Muslimin Adalah Ini Dia Penjelasannya.

Belakangan ini publik diramaikan oleh rombongan sejumlah pengendara motor yang konvoi dengan atribut bertuliskan khilafah dan menjadi viral.

Diketahui jika konvoi kendaraan roda dua itu adalah sebuah kegiatan dari kelompok Khilafatul Muslimin. Konvoi Khilafatul Muslimin ini dilakukan di Jakarta, Brebes, Jawa Tengah dan Lampung.

Khilafatul Muslimin ternyata mempunyai sebuah markas yang berada di Jalan WR Supratman, Kelurahan Bumi Waras, Teluk Betung, Bandar Lampung.

Kelompok ini pun telah memasang papan nama di pinggir sebagai tanda yang bertuliskan Kantor Pusat Khilafatul Muslimin.

Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Vlog?

Selain plang kantor pusat, Khilafatul Muslimin pun memasang papan nama masjid Kekhalifahan. Lokasi kantor pusat terletak di lantai II masjid itu.

Pemimpin Khilafatul Muslimin ini bernama Abdul Qadir Baraja. Kelompok ini berdiri pada tahun 1997 dan belum berbadan hukum.

Menurut catatan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), pemimpin Khilafatul Muslimin dengan nama lengkap Abdul Qadir Hasan Baraja adalah seorang mantan anggota Negara Islam Indonesia (NII).

Ia pun salah satu pendiri dari Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki bersama Abu Bakar Ba’asyir.

Abdul Qadir Hasan Baraja diketahui pernah hadir dalam Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) pada 2000 silam.

Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Web?

Direktur Pencegahan BNPT Brigjen R Ahmad Nurwakhid menjelaskan, Abdul adalah seorang mantan terpidana kasus terorisme.

Ia pun sudah dua kali menjalani masa penahanan. Pertama, pada Januari 1979, sebab berhubungan dengan Teror Warman sehingga ditahan selama tiga tahun.

Selanjutnya ditangkap serta ditahan kembali selama 13 tahun lantaran berhubungan dengan kasus bom di Jawa Timur dan Borobudur pada awal 1985.

BNPT menggolongkan Khilafatul Muslimin sebagai kelompok radikal sama halnya dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

“Sangat berbahaya, (suatu kelompok) memiliki cita ideologi khilafah di Indonesia, sebagaimana HTI, JI (Jamaah Islamiyah), JAD (Jamaah Ansharut Daulah), maupun jaringan terorisme lainnya,” ujar Nurwakhid

“Walaupun dalam pengakuan mereka, (ideologinya) tidak bertentangan dengan Pancasila. Padahal ideologi mereka kerap mengkafirkan sistem yang tidak sesuai dengan pandangannya,” imbuhnya.

Pada bulan Oktober 2021 tiga pengurus Khilafatul Muslimin ditetapkan sebagai tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan.

Baca Juga: Bakso Simulator Mod Apk Terbaru 2022 Unlimited Money

Pelanggaran prokes terjadi usai melakukan gelar jalan sehat di Kota Bandar Lampung dalam peringatan Tahun Baru Islam 2021 atau 1 Muharram 1443 Hijriah.

Kala itu Kota Bandar Lampung menjalani Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Adapun tiga orang yang ditetapkan menjadi tersangka, di antaranya berinisial AQB, AB, serta Z.

Leave a Reply

Your email address will not be published.