Laptop Impian Untuk Para Pelajar, Pekerja dan Konten Kreator di Masa Pandemi

31 View

Selama masa pandemi ini saya dan saya rasa sebagian besar masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari yang namanya laptop. Mulai dari pekerja yang merasakan work from home dan juga para pelajar yang merasakan pembelajaran jarah jauh secara daring melalui aplikasi video conference.

Saya sendiri mahasiswa Sistem Informasi sebelum masa pandemi ini bisa dikatakan nyaris tidak bisa melawatkan hari tanpa menggunakan laptop, ya karena jurusan saya yang bisa dikatakan masih termasuk golongan Teknologi Informasi maka laptop tidak bisa saya lewatkan untuk pembelajaran dan juga untuk mengerjakan tugas.

Ya kalau masa pandemi seperti ini tambah lagi durasi saya berada didepan sebuah layar laptop. Selain untuk pembelajaran kuliah yang full secara online juga ditambah tugas yang juga pengerjaannya masih berkutat pada sebuah laptop.

Belum lagi untuk tuntutan pekerjaan saya menjadi konten kreator blogger dan fotografer sepakbola, saya tentunya perlu menyisihkan waktu saya lagi untuk menulis artikel terbaru dan juga terkadang ada job fotografer sepakbola tarkam yang harus saya potret. Ya memanfaatkan momentum karena dimasa pandemi ini begitu banyak permintaan fotografer untuk sepakbola tarkam.

Tentunya disini laptop juga saya perlukan untuk melakukan editing foto sebelum hasil foto saya serahkan ke klien.

Mungkin bisa dikatakan saya kalau lagi sibuk-sibuknya banyak tugas dan juga pekerjaan yang harus diselesaikan bisa seharian di depan laptop mulai dari pagi hingga malam. Ya kalau lagi sedikit tugas kuliah dan pekerjaan sore mungkin bisa selesai dan malamnya bisa sejenak keluar rumah sekedar bertemu dan mengobrol santai dengan teman.

Tapi tetap saja selama pandemi ini bisa dikatakan durasi saya di depan laptop menjadi lebih lama dari sebelumnya dan saya rasa semua orang juga merasakan hal yang sama.

Masalah seperti pusing kepala sering terjadi tentunya, karena yang biasanya cuma beberapa jam didepan layar laptop sekarang nyaris seharian didepan layar laptop. Ya karena kita tahu bahwa pada layar baik monitor komputer, tv, smartphone, ataupun laptop pada umumnya memancarkan cahaya biru yang cukup tinggi inilah yang membuat mata kita lelah dan juga bisa merusak mata kita.

Itu baru pusing akibat paparan cahaya biru pada layar belum lagi tugas-tugas kuliah anak SI cukup memusingkan dengan bahasa pemrograman dan data analisis, ibarat kata sudah pusing mata juga pusing pikiran.

Ditambah lagi laptop yang menjadi senjata utama saat ini ya bisa dikatakan belum bisa diajak bekerja secara maksimal untuk diajak lembur seharian penuh karena sering terjadi lag karena overheat juga memang secara performa masih kurang untuk keperluan content creation yang lebih berat.

Ibarat pusing saya ini pusing kuadrat yang berlipat-lipat, pusing lama didepan monitor, pusing mikirin tugas dan pekerjaan, dan pusing karena laptop yang kurang mendukung pekerjaan berat seharian.

Sayapun berpikir untuk mencari sebuah laptop baru dengan layar yang berkualitas (karena saya full seharian lihat layar laptop) biar mata gak sakit tapi juga harus akurat warnanya (untuk keperluan editing foto saya), performa juga harus mendukung bisalah diajak lembur seharian.

Saya sendiri pun tertarik untuk mencari sebuah laptop yang menurut saya impian dan terbaik untuk kebutuhan saya. Pilihan saya jatuh kepada laptop ASUS Vivobook Ultra 15 OLED (K513) karena pada saat itu saya mendengarkan lagu dari fiersa bersari yang membahas tentang laptop ini. 

Ya saya sendiri merupakan salah satu pendengar lagu-lagunya untuk menemani saya saat belajar dan bekerja di laptop.

Tentunya mendapatkan informasi laptop ini dari lagu sayapun lebih sampai dan berkesan pada laptop ini, sayapun mengulik lebih dalam tentang ASUS Vivobook Ultra 15 OLED K513, dan ini mungkin menjadikan alasan kenapa laptop ini impian dan sempurna untuk konten kreator.

Kenapa Laptop ASUS Vivobook Ultra 15 OLED (K513) Begitu Sempurna Untuk Saya Sebagai Mahasiwa, Freelancer dan Konten Kreator

1. Layar Yang Memanjakan Mata dan Terbaik Untuk Konten Kreator

Dengan tuntutan belajar dari rumah dan pekerjaan freelancer saya yang mau tidak mau harus full time di depan layar laptop maka menggunakan laptop dengan layar yang terbaik dan memanjakan mata akan membuat hari-hari saya lebih menyenangkan.

Buat teman-teman yang belum tahu mungkin ASUS Vivobook Ultra 15 OLED K513 ini sesuai dengan namanya menggunakan teknologi panel layar berjenis OLED.

Layar jenis OLED ini memang bisa dikatakan teknologi kelas atas untuk sebuah layar monitor, anda akan menemui jenis layar ini pada tv, monitor dan juga smarphone kelas atas. Nah disini ASUS memasukan panel layar ini pada Laptop mereka.

Saya akan bahas kelebihan dari Layar ASUS OLED yang digunakan pada ASUS Vivobook Ultra 15 OLED K513 ini.

Nyaman Dimata Untuk Pemakaian Berjam-jam

Ketika anda bekerja seharian mungkin anda sering merasa pusing atau mata merah, terasa perih bahkan sampai berair sendiri mungkin itu karena anda terkena paparan sinar biru pada layar secara berlebihan.

Dan anda saat anda ingin beristirahat mau tidurpun terasa sulit tidak seperti biasanya, ya hal itu juga karena paparan sinar biru layar.

Kita tahu selain laptop yang kita gunakan seharian baik untuk sekolah, mengerjakan tugas ataupun anda yang bekerja, anda juga masih menatap layar lain seperti dari smartphone, tv, dll. Intinya cahay biru yang masuk ke mata anda itu begitu banyaknya dan terlewat batas kita sebagai manusia normal.

Ya solusinya tentunya bukan berhenti didepan laptop karena memang tugas dan pekerjaan belum 100% selesai dan akan ada setiap harinya. 

Nah Laptop ASUS Vivobook OLED ini sudah dilengkapi fitur Eye Care atau perlindungan cahaya biru pada layar yang mampu mengurangi radiasi paparan sinar biru hingga 70%.

So dengan layar dari ASUS OLED ini anda tetap bisa bekerja seharian didepan layar laptop tanpa perlu mengeluh dimalam hari dan pekerjaan andapun bisa selesai.

Apalagi untuk anak-anak dan kaum muda penting untuk menjaga kesehatan mata kita. Karena jika dibiarkan tanpa fitur seperti Eye Care ini mata kita akan terkena paparan yang lebih banyak dan jangka panjangnya jika diteruskan dapat merusak retina mata kita.

Waduh jangan sampai deh.

Kontras Layar Sangat Tinggi

Laptop ini sudah mendukung teknolgi HDR yang sekarang ini banyak sekali pemanfaatnya baik untuk hiburan dan juga konten kreator.

Kita ambil contoh saja di youtube dan netflix yang bisa dikatakan 2 tempat terpopuler untuk masyarakat Indonesia menikmati hiburan berupa video dan film. Keduanya baik youtube maupun netflix sudah mendukung video HDR dimana juga sudah banyak video yang support pemutaran untuk HDR.

Teknologi HDR Video ini tentunya hanya bisa dinikmati dengan perangkat yang mendukung teknologi HDR pada layar, nah ASUS oleh ini sudah mendukung itu dan dapat memutar konten video HDR dengan sangat baik dan sempurna.

Hal ini dibuktikan dengan sertifikasi VESA DisplayHDR Trublack. Layar laptop ini mampu menghasilkan rasio kontras hingga 1.000:000:1 jadi bukan HDR kaleng-kaleng pokoknya.

Untuk konten kreator para pembuat video juga bisa merekam dengan format HDR karena tentunya layar laptop ini support HDR juga dapat mengedit konten video HDR. Sehingga anda bisa mendapatkan detail yang lebih pada post-production video anda, hasil editing jadi maksimal klien andapun jadi lebih senang bukan?

Response Time yang Sangat Cepat

Salah satu kelebihan penggunaan layar dengan panel jenis OLED adalah response time yang rendah. Pada laptop ini sendiri mampu memberikan response time hingga 0,2 ms ya kalau dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya sekitar 50 kali lipa lebih cepat.

Ini akan terasa manfaatnya jika anda bermain game dengan genre FPS, balapan dan game lainnya yang memiliki transisi dan pergerakan yang cepat. 

Untuk keseharian anda juga bisa mendapatkan tampilan visual yang lebih tajam dan detail pada objek-objek yang bergerak, anda bisa menikmati detail pergerakan secara nyata saat menonton film ataupu saat konten kreator seperti membaca teks berjalan ataupun editing video semuanya akan terlihat lebih jelas dan minim blurred.

Akurasi Warna Jempolan Sempurna Untuk Konten Kreator

Bicara laptop untuk pekerjaan dan multimedia seperti yang saya butuhkan untuk editing foto maka saya butuh layar dengan akurasi warna yang baik. 

Tentunya agar hasil post production yang saya lakukan juga maksimal. Jadi warna atau tone foto yang saya buat bisa sama dan sesuai ketika ditampilkan ke layar perangkat lain dan juga kalaupun dicetak hasilnya akan tetap sama seperti yang kita lihat di laptop.

Nah ASUS OLED ini bisa saya katakan sebuah laptop dengan layar yang sempurna dan terbaik untuk saat ini yang bisa anda miliki. 

Layarnya sudah terkalibrasi dengan sangat baik untuk kebutuhan konten kretoar mulai dari desainer, video editor, fotografer dan pekerjaan lain yang sensitif terhadap warna.

Layar ASUS OLED ini sudah memiliki ke akurasian warnanya 100% DCI-P3 color gamut atau setara dengan 133% SRGB.

Buat teman-teman yang belum tahu DCI-P3 merupakan standar warna yang banyak digunakan untuk industri sebuah film. Sedangkan sRGB standar warna untuk layar perangkat digital seperti komputer, tv, kamera, dan perangkat elektronik lainnya.

Jadi laptop ini sangat bisa untuk anda para konten kreator film (para sineas muda) bisa menggunakan laptop ini untuk melakukan editing video dan untuk menikmati film juga nikmat karena anda mendapatkan 100% warna dari film tersebut.

Untuk desainer dan fotografer juga bisa karena support 133% sRGB yang menjadi standar akurasi warna untuk jenis konten tersebut. Jadi hasil desain anda akan terlihat sama seperti anda membuatnya ketika dilihat diperangkat lain dan juga kalau mau dicetakpun aman tidak terjadi perbedaan warna.

Akurasi warna yang diberikan bukan sekedar angka-angka namun juga sudah mendapatkan sertifikasi untuk standar kalibarasi warna yang tinggi dari Pantone Validated Display.

Layar Tetap Akurat dan Jernih Meski Pada Kecerahan Layar Rendah

Salah satu hal yang sering terjadi pada laptop-laptop yang menawarkan akurasi layar tinggi adalah menurunnya akurasi warna ketika tingkat kecerahan layar diturunkan atau kalau istilahnya terjadi color shifting sehingga layar tidak lagi akurat pada kecerahan layar rendah.

Selain itu warna yang ditampilkan biasanya juga tidak sejernih atau sengejreng pada saat kecerahan tinggi.

Namun pada laptop ASUS OLED, 2 hal tadi masalah akurasi warna dan produksi warna yang menurun pada brightness rendah tidak akan terjadi.

Hal ini dikarenakan laptop ASUS OLED ini menggunakan 3D color gamut sebagai referensi berbeda dengan sebagian laptop lain yang masih menggunakan 2D color gamut.

3D color gamut ini secara teknis menambahkan faktor iluminasi untuk mengukur color volume secara keseluruhan. Secara color volume ASUS OLED ini 60% lebih tinggi dibandingkan layar laptop pada umumnya.

Singkatnya warna tidak akan mengalami penurunan produksi warna dan keakuratan meski dalam brightness rendah.

Reproduksi warna yang dihasilkan akan tetap sangat tinggi pada berbagai rentang tingkat kecerahan. 

Buat para pekerja dan konten kreator yang suka lembur malam-malam dimana brightness layar laptop harus dikurangi ke minimal agar tetap nyaman, tetap bisa mendapatkan tampilan yang sama baik dari segi tampilan.

Lebih Hemat Daya

Penggunaan layar OLED memang memiliki manfaat pada pemakaian daya laptop tersebut. Layar OLED memang lebih irit daya dibanding layar LCD, hal ini dikarekan cara kerja dari layar OLED tersebut yang mana setiap pixelnya punya cahayanya tersendiri.

Jadi ketika layar menampilkan background gelap atau hitam layar OLED ini benar-benar meredukan cahaya pixel layar tersebut, bahkan bisa mematikan setiap pixelnya. Inilah alasan kenapa layar OLED bisa lebih hemat daya terutama untuk penggunaan background gelap (hitam).

Kita tahu teknologi OLED ini sudah di implementasikan pada smartphone (kelas atas) sehingga mampu menghadir fitur seperti Always On Display untuk tampilan notifikasi, ini merupakan bukti memang layar OLED memiliki benefit lebih hemat daya untuk sebuah perangkat.

Nah menariknya di OS seperti Windows 10 ataupun 11 sudah dilengkapi fitur seperti Dark Mode yang tentunya akan memaksimalkan dari layar ASUS OLED ini karena bisa lebih hemat daya lagi.

Ya namanya sebuah laptop tentunya jika bisa hemat daya dan baterai menjadi irit tentunya akan lebih bermanfaat untuk keperluan kita. Karena tidak setiap saat kita menggunakan laptop di tempat yang ada colokan listrik ataupun lupa membawa charger laptop, so lebih hemat daya lebih baik, lebih banyak waktu yang bisa kita dapat untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan tanpa perlu dicharge.

2. Perfoma Gahar Untuk Kebutuhan Komputasi Serius

Bicara laptop untuk keperluan saya sebagai seorang mahasiswa Sistem Informasi maka kebutuhan saya tidak hanya laptop untuk sekedar bisa video conference, mengetik ataupun membuat presentasi.

Untuk keperluan kuliah sendiri saya butuh aplikasi pemrogram yang cukup berat dan membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi untuk pemrograman mobile android karena disini terkadang saya juga diminta untuk membuat program sekaligus screen record dan webcam sembari saya menjelaskan coding yang saya buat.

Sedangkan untuk pekerjaan saya perlu mengedit foto raw dari hasil jepretan saya dan sesekali juga mengedit video ketika mendapatkan job video.

Dengan ASUS Vivobook Ultra 15 OLED ini tentunya sangat-sangat bisa menghandle segala task atau pekerjaan yang saya buat, saya bisa melakukan banyak tugas sekaligus karena memang secara komputasi laptop ini memberikan performa yang tinggi.

Menggunakan processor Intel Core Gen 11 (Tiger Lake) atau bisa dikatakan sebagai processor terbaru dari Intel saat ini untuk processor kelas mobile/laptop tentunya secara performa, responsivitas, dan efisiensi penggunaan daya sangat baik berkat teknologi terbaru dan optimasi pada 10nm generasi ketiga.

Processor tadi juga didukung dengan RAM DDR4 serta penyimpanan yang tentunya sudah menggunakan storage berjenis SSD PCIe, ya ini bisa dikatakan SSD yang paling kencang dan jauh lebih kencang dibandingkan dengan HDD ataupun SSD SATA.

Kombinasi jeroan mantap tadi tentunya bisa melakukan segala pekerjaan untuk para konten kreator.

3. Performa Lebih Kencang dan Tetap Hemat Daya

Ketika berbicara performa tinggi pada sebuah laptop pada umumnya maka kita tidak bisa memilih untuk mendapatkan efisiensi pemakaian daya. Untuk bisa mendapatkan performa tinggi atau maksimal dari suatu processor itu bisa dikatakan laptop akan mengeluarkan daya lebih.
Namun hal tersebut tidak berlaku untuk Laptop ASUS OLED ini berkat adanya teknologi yang dinamakan Intelligent Performance Technologi (AIPT). Dengan teknologi ini anda akan mendapatkan performa lebih kencang hingga 40% jika dibandingkan dengan laptop lain dengan spesifikasi yang serupa.
Walaupun begitu pemakaian daya tetap bisa rendah, selain itu penggunaan layar OLED juga memberikan benefit lebih pada daya tahan baterai yang lebih irit lagi.
AIPT ini hadir dengan tiga profil pengaturan yang bisa anda atur dan aktifkan sesuai kebutuhan, caranya dengan menekan tombol “Fn” dan “F”.

4. Sudah Dilengkap Windows 10 dan Office Home & Student Seumur Hidup

Windows bisa dikatakan sistem operasi yang paling banyak dan paling familiar digunakan masyarakat kita dan juga dukungan aplikasi pada sistem operasi windows begitu banyaknya. Banyak aplikasi yang bisa anda install untuk menunjang produktifitas dengan sistem operasi Windows
Nah ASUS OLED ini sudah terinstall Windows 10 Home original tentunya so anda bisa langsung pakai laptop ini untuk produktifitas ketika anda baru membelinya.
Anda juga tidak khawatir seperti masalah windows yang minta aktivasi seperti laptop lain yang belum menggunakan sistem operasi windows 10 home ori, untuk bekerjapun lebih nyaman pakai yang ori bukan.
Andapun bisa upgrade secara gratis ke Windows 11 karena memang secara hardware Laptop ASUS OLED ini support dan setiap pengguna Windows 10 memang diberikan akses upgrade gratis ke Windows 11.
Untuk keperluan word, powerpoint, excel, dll juga sudah bisa anda lakukan secara langsung karena ASUS OLED ini juga mendapakan Microsoft Office Student 2019 dengan lisensi seumur hidup. So aktif selamanya tidak perlu khawatir masa aktif habis. Anda juga bisa mendapatkan pembaruan rutin secara online untuk aplikasi Office Student 2019.

5. Fitur Pendukung Work From Home dan Pembelajaran Daring

ASUS memang selalu merancang laptop mereka dengan racikan hardware dan software yang terbaik untuk menjalankan tugasnya agar laptop mereka nyaman dan bisa sesuai dengan kebutuhan penggunaanya saat ini.
Kita tahu dimasa pandemi seperti ini kita nyaris tidak pernah lepas dari yang namanya video conference baik untuk keperluan sekolah ataupun untuk yang bekerja dari rumah.
ASUS tahu bahwa tidak semua orang selalu di tempat dan kondisi yang ideal untuk melakukan video conference. Ideal disini maksudnya adalah kebisingan tempat, tidak setiap saat dan setiap tempat kita bisa melakukan meeting secara hening dan minim noise.
Mulai dari kendaraan yang lewat tiba-tiba jadi banyak dan berisik, atau tiba-tiba ada tetangga yang memotong keramik atau kayu. Semua noise tadi tentunya akan menggangu sekolah atau pekerjaan kita apalagi saat presentasi dimana kita selain open camera jua perlu open mic tentunya.
Nah ASUS Vivobook OLED ini sudah dilengkapi dengan teknologi AI Noise Cancelling yang mampu meredam suara bising (noise suara) yang berada disekitar sehingga suara vokal anda tetap bisa terdengar jelas walaupun kondisi sekitar cukup bising.
Laptop ini juga sudah mendukung konektifitas Wifi 6 (tercangih saat ini) yang menawarkan konektifitas yang lebih kencang dan juga stabil.  Ada juga fitur Smart Connect yang mampu membuat laptop ASUS Vivobook OLED ini memilih dan terkoneksi dengan jaringan routuer yang paling kuat. Sehingga anda bisa mendapat selalu konektifitas wifi terbaik yang bisa anda akses saat itu.

6. Dukungan Opsi Upgrade

Ketika bicara laptop ultrabook yang dirancang tipis maka biasanya ada satu kekurangan yang cukup menggangu yaitu opsi upgrade yang terbatas. Namun tidak dengan laptop ASUS Vivobook OLED ini, anda diberikan keleluasaan upgrade dimasa depan.
Masih ada 1 slot RAM SO-DIMM DDR4 yang bisa anda gunakan untuk opsi upgrade RAM dan juga tersedia slot 2.5″ SATA SSD atau HDD.
Jadi jika dirasa dimasa depan anda merasa kebutuhan komputasi anda meningkat bisa mengupgrade RAM agar mendukung multitasking yang berat dan jika storage penuh masih ada slot 2.5″ SATA bisa untuk SSD ataupun Hardisk.
Itu mungkin bicara upgrade secara hardware untuk software seperti yang saya sudah saya sebutkan sebelumnnya ASUS Vivobook Ultra OLED (K513) ini juga mendapatkan update sistem operasi ke Windows 11 (gratis).

7. Harga Murah Banget Untuk Kelasnya

Layar capek dan spesifikasi juga cakep pasti anda berpikir bahwa laptop ini dibaderol dengan harga yang tidak murah. Ya kalau laptop mahal spesifikasi tinggi mungkin anggapan kita itu hal yang wajar dan memang seharusnya begitu.
Namun anda jangan terkejut ya, kalau laptop ASUS Vivobook 15 OLED ini dibanderol mulai dari harga Rp 8.599.000 anda sudah bisa membawa laptop yang super keren secara tampilan, layar memanjakan mata anda dan sangat-sangat bisa untuk berbagai kebutuhan content creation.
8 jutaan sudah dapat ASUS Vivobook OLED dimana harga laptop lain pada naik gila-gilanya karena permintaan laptop yang tinggi, ASUS bisa membawa laptop ini ke Indonesia dengan harga yang menarik seperti ini saya sendiri tepuk tangan.
Saya rasa tidak ada alasan lain untuk menjadikan laptop ini sebagai whislist anda dan menjadi radar laptop yang akan anda beli baik untuk tujuan sekolah ataupun pekerjaan semuanya bisa anda lakukan dengan nyaman. Jika anda tertarik untuk meminang laptop ini bisa kunjungi website resminya untuk informasi tentang ASUS OLED lebih lengkapnya lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.