Mari Kita Intip Saham Milik Orang-orang Terkaya Di Indonesia

Multimedialy.com – Mungkin anda sudah banyak yang mengetahui nama-nama konglomerat asal Indonesia seperti Hartono Bersaudara, Widjaja hingga Antoni Salim yang memiliki beberapa saham.

Ketiga nama tersebut masuk kedalam daftar orang-orang terkaya di Indonesia dan memiliki harta dengan jumlah angka yang tidak hanya sedikit menurut versi Forbes.

Harta yang mereka miliki tentu saja hasil dari beberapa saham yang mereka miliki lewat kejelian dan juga kepintaran meraka dalam mengurus perusahaan/saham yang di punyainya.

Dari ketiga nama tersebut memiliki beberapa perusahaan yang fokus dibeberapa sektor, seperti Rokok, perbangkan properti, consumer goods, bahkan hingga perkebunan yang tersebar luas hampir di seluruh daerah kawasan Indonesia.

Berkenaan dengan hal tersebut, para-para konglomerat asal Indoensia tersebut tercatat memiliki saham dalam taraf tertentu yang mampu mengendalikan emiten pada Bursa Saham Indoenesia.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai ketiga nama yang masuk daftar orang terkaya di RI dan dari mana saja sumber kekayaannya, mari simak pembahasan berikut ini.

Saham Milik Orang-orang Terkaya Di Indonesia

NoNamaTotal Kekayaan 2021Kepemilikan Saham di Emiten RI
1R. Budi & Michael HartonoUS$ 42.6 MBank Central Asia (BBCA)
Sarana Menara Nusantara (TOWR)
Supra Boga Lestari (RANC)
2Keluarga WidjajaUS$ 9.7 MBumi Serpong Damai (BSDE)
Bank Sinarmas (BSIM)
Puradelta Lestari (DMAS)
Dian Swastatika Sentosa (DSSA)
Duta Pertiwi (DUTI)
Smartfren Telecom (FREN)
Indah Kiat Pulp & Paper (INKP)
Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (LIFE)
SMART (SMAR)
Sinar Mas Multi Artha (SMMA)
Pabrik Kerja Tjiwi Kimia (TKIM)
3Anthony SalimUS$ 8.5 MBank Ina Perdana (BINA)
Indoritel Makmur Internasional (DNET)
Indofood Sukses Makmur (INDF)
Indofood CBP Sukses Makmur  (ICBP)
Indomobil Sukses Internasional (IMAS)
Indomobil Multi Jasa (IMJS)

Saham Milik Hartono Bersaudara

Jika anda melihat table diatas, Hartono Bersaudara memang belum tergeser posisinya dari daftar orang terkaya nomor satu di Indonesia yang sumber kekayaanya berasal dari bisnis rokok (Grup Djarum).

Akan tetapi, pada tahun 2022 ini berbeda konsorsium Grup Djarum lewat Farindo Investment mengambil alih yakni 51% dari total saham PT Bank Central Asia Tbk atau yang kita kenal BCA.

Pengambil alihan saham tersebut tentu saja melalui beberapa proses seperti tander strategic pripate placement. Berawal dari situlah Hartono bersaudara mampu menyulap BCA dari keterpurukan yang diakibatkan krisis ekonomi 1998.

Selain itu, bahkan BCA menjadi emiten bank yang memiliki kapasitas dengan pasar yang cukup besar pada bursa saham hingga saat ini.

Saham Miliki Widjaja Berjaya

Widjaja Berjaya sendiri masuk dalam daftar orang terkaya di Indnesia berkat perusahaan yang ia miliki jalur bisnis properti dan ditaksir ia memiliki jumlah kekayaan yang mencapai US$ 9,7 miliar.

Angka kekayaan tersebut hasil dari bisnis Sinar Mas. Seperti yang kita ketahui, Sinar Mas sendiri selama ini bergerak dibidang industri dan juga perkebunan sawait.

Hasil riset sendiri menagatkan, salah satu kekayaan milikk Widjaja Berjaya yang memiliki keterkaitan dengan salah satu merek minyak goreng terkemuka di Indonesia yaitu Bimoli.

Saham Miliki Antoni Salim

Antoni Salim sendiri baru beberapa tahun ini kembali lagi masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia setelah tidak masuk kurang lebih selama Empat tahun belakangan ini.

Jumlah kekayaannya sendiri mencapai angka US$ 8,5 miliar dan angka kekayaan tersebut meningkat sekitar 44% berkat saham-saham yang ia miliki naik di beberapa tahun belakangan ini.

Pemilik Grup Salim ini sendiri memiliki bisnis di berbagai sektor terutama konsumer, jasa keuangan, perkebunan bahkan teknologi. Bisnis yang ia miliki paling terkenal yaitu Indo food, Induk Indomaret (DNET).

Leave a Reply

Your email address will not be published.