7 Langkah Membuat Alat Potong Styrofoam Sendiri Dengan Mudah

Multimedialy.com – Membuat alat potong styrofoam sendiri. Alat potong styrofoam sangat membantu untuk orang yang membutuhkannya, seperti membuat mainan atau membuat alat tertentu. Karena styrofoam memang terlihat mudah, tetapi jika dilakukan menggunakan alat ala kadarnya pasti hasilnya juga kurang bagus. 

Biasanya yang membutuhkan alat potong styrofoam ini adalah para pengrajin atau seniman yang membutuhkan cetakan untuk membuat satu alat. Contoh sederhana saja bila kamu seorang pengrajin body dan ingin membuatnya, pasti membutuhkan bahan baku styrofoam agar cetakannya bagus dan rapih.

Pada kesempatan ini, kami ingin memberikan satu cara yang paling ampuh untuk membuat alat potong styrofoam yang bisa kamu terapkan di rumah dan bisa langsung praktekkan caranya. 

Alat dan Bahan Alat Potong Styrofoam

Untuk membuat alat potong styrofoam ini, kamu diperlukan untuk menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut ini. 

  1. Siapkan gagang kayu balok atau persegi panjang, ukuran bisa 10x20cm sebanyak 3 buah. Nantinya akan dibuat susunan kayu berbentuk huruf U. 
  2. Siapkan paku besi 2 buah saja. 
  3. Siapkan senar gitar, bebas senar urutan 1 atau sampai 6. Tapi usahakan senar gitar yang tipis saja. 
  4. Siapkan palu.
  5. Siapkan stop kontak atau relay atau on/off.
  6. Siapkan batrei.
  7. Siapkan kabel secukupnya. 

Alat dan bahan yang digunakan untuk alat potong styro sudah cukup, karena itu ada pada senar gitar untuk membuatfo dan merapikan styro sudah ada. Selanjutnya kami akan memberikan panduan cara membuat alat potongnya. 

Baca Juga: Cara Merawat Kamera Mirrorless

 

Membuat Alat Potong Styrofoam 

Dari sub judul di atas yang telah kami sebutkan alat dan bahannya, pada bagian ini kami ingin memberikan penjelasan bagaimana cara membuat alatnya berdasarkan penjelasan. 

  1. Kayu yang berukuran 10x20cm yang sudah siap, silakan kamu bentuk menjadi huruf U ya, bisa menggunakan lem atau paku untuk membentuknya. Usakan menggunakan kayu yang sudah berbentuk stik agar mudah dibentuk.
  2. Jika kayu sudah berbentuk huruf U, selanjutnya kamu memasang paku untuk setiap sisi kayu yang sudah berbentuk huruf U, jangan dipalu terlalu dalam ya. Sisakan beberapa mili untuk mengatikan senar gitar.
  3. Selanjutnya, kaitkan senar gitar dari ujung paku, ke ujung lainnya sehingga berbentuk seperti alat musik harpa. Pastikan senar gitar yang dipasang cukup kencang ya.
  4. Setelah itu, pasang kabel untuk kedua sisi paku yang sudah dipasang senar gitar. 
  5. Pilih salah satu kabel yang digunakan untuk memasang relai atau on/off.
  6. Pasang batrei dan sambungkan kedua kabel tadi ke kutup plus minus baterai. Pastikan masih dalam kondisi off ya.
  7. Setelah itu kamu bisa mencoba dengan menekan tombol on/off untuk menghidupkan alatnya dan langsung styrofoam.

Nah, dari ke-7 panduan tersebut sudah sangat bukan bagaimana cara membuat alat potong styrofoam dengan mudah, bahkan kamu juga bisa membuat peralatan bekas loh. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.