Mengenal Core Values BUMN dan Ahlak BUMN Yang Wajib Dimiliki

multimedialy.com – Hallo sahabat multimedialy bertemu lagi dengan admin yang selalu memberikan informasi yang menarik. Nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang Mengenal Core Values BUMN dan Ahlak BUMN Yang Wajib Dimiliki.

Core Values BUMN yaitu AKHLAK adalah sebuah akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. BUMN merupakan sebuah perpanjangan tangan negara sebagai agen pembangunan, kata Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Berbicara pada saat menghadiri peluncuran bukunya bersama Ary Ginanjar Agustian, pada hari Rabu 6 Januari 2020, buku “AKHLAK UNTUK NEGERI” dengan secara virtual, Erick mengungkapkan rasa bahagianya sebab Menteri BUMN pertama.

Tanri Abeng hadir begitu pula dengan mantan Menteri BUMN ke 7, Dahlan Iskan dan Ary Ginanjar Agustian yang bersama Erick Thohir menulis buku ini. hadir hampir 1000 orang dalam acara yang digelar ACT Consulting ini.

Erick menyadari penuh transformasi kepemimpinan dalam tubuh BUMN tidak mudah, namun harus dijalankan. Transformasi itu, lanjut Erick, membentuk karakter sehingga dapat terefleksikan dalam kegiatan sehari-hari. Karakter dan reputasi adalah sebuah hal kunci dalam kehidupan. Oleh sebab itu, dia berharap setiap insan meninggalkan legacy.

Reputasi adalah salah satu hal yang terpenting. Kami sekeluarga berharap dapat memberikan legacy dan nama baik keluarga, pribadi dan bangsa. Setelah 30 tahun kita menggeluti dunia profesional mengemban amanah, menjaga nama baik dan legacy menjadi sangat penting. Ini bukan hasil akhir, bukan produk instan tinggal diaduk,” ujar Erick mengingat petuah ayahandanya.

Menurut dia, legacy sesuatu hal yang harus dapat dijaga. Peninggalan serta kesuksesan lainnya itu penting. Seperti atlet, keberhasilan menjuarai kompetisi adalah kesuksesan dalam Latihan. Jika prestasi dari olahragawan, latihan yang keras tanpa henti, kita harus kerja keras menjaga nama baik, lanjutnya.

Saat ini di era kepemimpinannya AKHLAK menjadi core value BUMN. Erick mengatakan, akhlak pun bisa menjadi perilaku sehari-hari dan kata Akhlak memang berasal dari bahasa Arab, yakni Khuluq, yang mempunyai sebuah arti tingkah laku atau perangai.

Baca Juga: Kisi-Kisi Soal Tes PGN dan Tes Kecerdasan PGN

“Sejak mendapat amanah dari presiden (Presiden Joko Widodo), prinsip itu yang mau saya terapkan pada tim yang saya pimpin. Akhlak yang mau saya benahi pertama kali. Ini adalah sebuah amanah yang harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat,” katanya.

Pemilik Mahaka Media itu mengatakan akhlaklah yang menjadi pilar pembangunan sebuah organisasi dan yang pasti BUMN harus bisa memberi kontribusi optimal pada bangsa dengan image yang baik, ujarnya.

“Dengan Covid-19 ini kita di-challenge untuk terus berubah. BUMN harus siap menanggapi perubahan itu,” kata Erick.

Sebuah acara daring yang mana dipandu oleh pembawa acara senior Sandrina Malakiano ini lebih lanjut dikatakan Erick jika pihaknya punya keinginan membentuk reputasi BUMN tidak jago kandang, melainkan mendunia. Sebelum ke sana, BUMN harus menjaga reputasi sebagai bagian dari pengelolaan kekayaan negara dan keadilan yang lebih baik untuk semua.

Baca Juga: Contoh Tes Kecerdasan Pertamina dan Tes Kepribadian Pertamina

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini pun berharap sebagai bangsa, diharapkan pada 2030-2040, Indonesia bisa untuk memanfaatkan bonus demografi dan generasi muda jangan sampai jadi beban, namun harus dapat bermanfaat.

BUMN harus dapat rekrut best talent generasi muda. Untuk pimpinan jangan segan segan menjadi mentor untuk yang muda dan kami baru mengangkat direksi usia 31 tahun,” ujanya.

Tanri Abeng mengatakan tiap BUMN memang memiliki sebuah core purpose sendiri-sendiri namun dengan menjadikan AKHLAK sebagai core value BUMN maka harus tunduk pada nilai-nilai dan yang penting mulai dari level bawah hingga direksi mempraktekkannya.

” Legacy itu penting sebab BUMN harus tumbuh dan reputasi perlu integritas plus intelligent,” kata Tanri Abeng yang selalu dikenang Erick dengan julukan Manajer Rp 1 miliar ketika dia masih sekolah.

Sementara Ary Ginanjar Agustian mengatakan bahwa core values BUMN yang ditulis oleh Erick selain menjadi sebuah legacy harus masuk ke believe system diseluruh insan manusia bukan buat mereka yang bekerja di BUMN saja.

” Pertanyaannya yang menjadi pemimpin mau tidak melakukan perubahan, menerapkan core values dan mau nggak yang diubah mengikuti perubahan ini,” kata Ary Ginanjar Agustian.

Baca Juga: Kapasitas Ideal Untuk Partisi C Windows 10

Akhir Kata

Nah mungkin hanya itu saja pembahasan yang dapat admin sampaikan tentang Mengenal Core Values BUMN dan Ahlak BUMN Yang Wajib Dimiliki semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk anda.

Admin akan kembali lagi dengan pembahasan yang takalah menarik lainnya. Agar anda tidak ketinggalan dengan pembahasan yang akan datang selanjutnya silahkan ikuti terus multimedialy.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.