Mengenal Pola Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan dari Rumah

81 View

multimedialy.com – Menerapkan gaya hidup sehat tidaklah sulit. Anda bisa memulai cara hidup sehat dengan rutin mengonsumsi air putih, cukup tidur, berolahraga secara teratur, hingga menjaga kebersihan.

Meskipun mengetahui dan menyadari manfaatnya, ada beberapa orang yang tidak peduli dengan gaya hidup sehat. Meskipun hidup sehat memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan, itu bahkan merupakan kunci untuk umur panjang.

Untuk mewujudkannya, ada serangkaian cara hidup sehat yang perlu Anda terapkan dengan benar dan konsisten. Beberapa dari mereka bahkan tidak sulit untuk dilakukan.

Definisi Dan Tujuan Gaya Hidup Sehat

Apa itu gaya hidup sehat? Menurut WHO, definisi gaya hidup sehat adalah prinsip, cara, atau gaya hidup yang bertujuan untuk mengurangi risiko penyakit parah atau kematian dini akibat penyakit kronis.

Memang, tidak semua penyakit dapat dicegah, tetapi sebagian besar kematian, terutama yang disebabkan oleh penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner dan kanker paru-paru, dapat dihindari.

Gaya hidup sehat bukan hanya tentang menghindari penyakit. Menjalani gaya hidup sehat juga bertujuan untuk menjaga kesehatan mental dan membentuk kesadaran sosial.

Ketika Anda mengadopsi gaya hidup sehat, bukan tidak mungkin orang-orang di sekitar Anda juga akan tergerak untuk melakukan hal yang sama.

Alasan mengapa kita harus mempertahankan gaya hidup sehat
Tubuh kita bekerja 24 jam untuk terus berfungsi dengan baik. Salah satu cara untuk mempertahankannya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Seperti yang sudah dinyatakan oleh WHO, bahwa tujuan dari gaya hidup sehat adalah untuk membantu mencegah kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Penerapan cara hidup sehat ini juga dapat menjaga kolesterol dan tekanan darah dalam batas aman, sehingga tubuh akan lebih bugar dan sehat.

Menerapkan berbagai cara hidup sehat juga dapat mencegah atau membantu Anda mengelola berbagai masalah kesehatan, seperti:

Sindrom metabolik
Diabetes
Arthritis
Depresi
Beberapa jenis kanker
Itulah mengapa penting bagi kita untuk menjaga pola yang sehat agar tubuh tetap dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan terhindar dari berbagai penyakit.

Memulai Cara Hidup Sehat

Mengenal Pola Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan dari Rumah

Melakukan gaya hidup sehat pada dasarnya tidak sulit, asalkan Anda konsisten dan rutin. berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan gaya hidup sehat sederhana yang memiliki dampak besar pada kesehatan tubuh:

1. Waktu untuk berolahraga
Gaya hidup sehat dengan olahraga adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan. Orang dewasa disarankan untuk berolahraga setidaknya 2 jam setiap minggu.

Luangkan waktu untuk berolahraga karena peregangan baik untuk tubuh dan pikiran Anda. Lakukan olahraga yang Anda sukai, misalnya lari, bersepeda, berenang, senam, yoga, dan lainnya.

Anda juga dapat melakukan latihan di pusat kebugaran untuk membantu membakar kalori dan membangun massa otot. Banyak ahli juga merekomendasikan berjalan setidaknya 10.000 langkah per hari untuk menjaga kesehatan tulang.

2. Cukup tidur
Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam tidur di malam hari, meskipun setiap orang mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda. Tidur yang cukup dapat membuat suasana hati Anda lebih baik, mempertajam ingatan dan fokus Anda, dan membantu Anda mempelajari hal-hal baru.

Dalam jangka panjang, cara ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan Anda. Akan lebih baik jika Anda pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

3. Minum cukup air
Cara memulai hidup sehat bisa dengan rutin mengonsumsi air putih. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 8 gelas atau 2 liter air setiap hari agar tetap terhidrasi dengan baik. Anda juga bisa menambahkan irisan lemon, jeruk atau mentimun untuk membuat air lebih segar.

Anda harus menghindari minuman ringan bergula dan minuman energi karena mereka adalah sumber utama kalori yang tidak bergizi, dan dapat menyebabkan obesitas dan diabetes tipe-2. Selain itu, hindari juga alkohol karena dapat memiliki efek negatif pada tubuh.

4. Memilih makanan yang baik
Pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantu tubuh menyediakan energi dan menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker. Ini juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan normal.

Pastikan bahwa di piring Anda ada cukup protein hewani dan nabati, karbohidrat, serat, serta lemak baik. Tingkatkan konsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari berbagai makanan olahan dan makanan yang mengandung banyak gula.

5. Menjaga berat badan ideal
Obesitas dikaitkan dengan umur yang lebih pendek dan peningkatan risiko berbagai penyakit kronis. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga berat badan Anda dalam kisaran normal.

Makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur dapat membantu Anda mempertahankan atau mencapai berat badan ideal Anda.

6. Hindari rokok dan alkohol
Menurut Para ahli, merokok adalah salah satu pemicu terbesar berbagai penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Jika Anda ingin hidup sehat, tentu saja Anda harus berhenti merokok.

Meskipun berhenti merokok bukanlah hal yang mudah, Anda harus berpikir tentang berbagai konsekuensi buruk dari merokok yang dapat terjadi pada Anda dan keluarga Anda. Merokok dapat merusak paru-paru dan jantung, disfungsi ereksi, bahkan mampu mempercepat kerutan pada kulit.

7. Menjaga kesehatan mental
Kesehatan Mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Kesehatan mental yang buruk dapat memengaruhi energi dan fokus Anda, bahkan meningkatkan peluang Anda terkena penyakit jantung.

Jika Anda merasa stres, cemas, depresi, atau masalah lain, Anda dapat berbicara dengan pasangan, keluarga, atau teman untuk meredakan perasaan Anda. Tetapi jika itu tidak membantu, Anda dapat meminta bantuan psikolog.

8. Berjalan-jalan
Cara hidup sehat yang sederhana dapat dimulai dengan tetap melakukan aktivitas fisik dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Beberapa menit di bawah sinar matahari pagi dapat meningkatkan kadar vitamin D Anda, yang baik untuk tulang, jantung, dan suasana hati Anda.

Berada di luar ruangan juga cenderung membuat tubuh Anda lebih aktif. Akan lebih baik jika Anda meluangkan waktu untuk berjalan-jalan di tempat terbuka yang dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan bahagia.

9. Pemeriksaan kesehatan rutin
Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memudahkan Anda mendeteksi suatu penyakit atau masalah kesehatan sejak dini. Pemeriksaan kesehatan yang paling umum Anda bisa mulai dari pengukuran berat badan dan tinggi badan, tekanan darah, hingga pemeriksaan dan deteksi dini kanker.

10. Menjaga kebersihan lingkungan
Menjaga kebersihan lingkungan sekitar juga merupakan salah satu cara untuk hidup sehat. Menjaga kebersihan lingkungan dalam skala kecil, dapat dilakukan dengan pengelolaan sampah yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.