Mengenal Tentang Chromebook Serta Perbandingan Dengan Windows

Multimedialy.com – Mengenal tentang chromebook. Laptop Chromebook sekarang sedang populer digunakan dan begitu banyak produsen laptop yang dulunya menggunakan sistem operasi Windows sekarang juga mulai melirik dan memproduksi lini laptop Chromebook ini.

Chromebook mulai naik dan populer semenjak masa pandemi atau semenjak masa belajar dan bekerja dari rumah. Dimana permintaan akan sebuah laptop untuk belajar dan bekerja dari rumah meningkat pesat.

Permintaan yang tinggi ini membuat terjadinya krisis chip sebagai bahan baku sebuah laptop dan akhirnya tidak mau produsen laptop menaikan harga laptop mereka. Belum lagi kenaikan harga dari toko komputer karena adanya permintaan yang tinggi.

Nah laptop chromebook ini uniknya tetap bisa menjadi laptop pilihan dengan harga murah meski di tengah kelangkaan chip. Laptop chrome bisa menawarkan laptop dengan harga mulai dari 2 jutaan yang mana jelas tidak bisa dilakukan laptop dengan sistem operasi Windows.

Apa itu Chromebook?

Chromebook adalah sebuah laptop yang menjalankan sistem operasi Chrome OS secara bawaan ketika Anda membeli sebuah Chromebook maka sudah terinstall Chrome OS yang merupakan sistem operasi buatan dari Google.

Chromebook secara tampilan fisik dan fungsi sama seperti laptop dengan sistem Windows. Pasti dapat mengerjakan berbagai aktifitas yang biasa Anda lakukan pada sebuah laptop. Yang menjadi perbedaan hanya sistem operasi yang digunakan saja.

Apa itu Chrome OS?

Chrome OS sesuai dengan namanya sistem operasi yang satu ini memiliki tampilan atau antarmuka pengguna yang mirip dengan Google Chrome, yang keduanya buatan Google juga.

Tujuan Google membuat tampilan Chrome OS ini menyerupai Chrome Browser mereka, bukan agar pengguna baru Chrome OS tidak merasa bingung, atau kagok ketika beralih dari sistem operasi yang digunakan ke sebuah laptop dengan sistem operasi Chrome OS.

Karena google tahu bahwa browser mereka (Google Chrome) sudah dikenal dan hampir semua orang menggunakannya, sehingga orang akan merasa lebih terbiasa dengan tampilan yang dimiliki Chrome OS.

Secara tampilan Chrome OS memiliki tampilan yang cukup sederhana sehingga sebagai pengguna baru / orang awan yang pertama kali menggunakannya tidak akan bingung. Sangat mudah sekali memahi dan menggunakannya, anda akan familiar selain dengan chrome browser juga dengan Android sebagai produk google juga.

Kelebihan Chromebook

Kelebihan sebuah chromebook terletak pada Chrome OS yang mereka gunakan.

Chrome OS ini mampu berjalan dengan lancar dengan spesifikasi hardware yang rendah sekalipun. 

Inilah mengapa Chromebook laptop dengan Chrome OSnya dibanderol dengan harga yang sangat murah saat harga laptop sedang naik-naiknya.

Karena OSnya ringan, perlu spesifikasi yang dibutuhkan untuk berjalan dengan lancar, sehingga menghasilkan laptop dengan biaya perangkat keras tanpa perlu mengorbakan dan tidak meningkatkan kenyamanan saat penggunaan.

Inilah mengapa Anda bisa menemui laptop Chromebook seperti itu dengan harga 2 jutaan saja yang tidak akan ada temui laptop dengan harga selain dari Chromebook (kondisi baru ya).

Untuk sekedar keperluan sekolah atau kantoran, seperti mengetik di word, excel, membuat presentasi, web browsing, zoom meeting semuanya bisa dilakukan dengan lancar.

Secara tampilan dan penggunaannya pun mudah, anda sebagai orang awan tidak akan merasa bingung. Karena tampilannya yang dibuat familiar seperti Google Chrome dan sistem operasi Android smartphone buatan Google

Jika Anda membutuhkan aktivitas khusus seperti membuat desain, mengedit foto, mengedit video, atau bermain gamepun juga tetap bisa karena Chrome OS ini mendukung aplikasi dari Android dimana Anda bisa menginstall aplikasi dari Android yang bisa didownload melalui Playstore yang tersedia.

Kita tahu begitu banyak aplikasi dan game Android yang tersedia. Anda dapat menggunakan dan memanfaatkannya untuk berbagai hal produktifitas dan hiburan tentunya.

Sebagai contoh saya butuh aplikasi untuk mendesain, saya mau mendesain di laptop chromebook saya maka saya bisa menginstall aplikasi Canva. Mau edit foto bisa install aplikasi edit foto bisa, mau edit video juga bisa karena memang ada aplikasinya.

Bicara keamanan dari Chromebook tidak diragukan lagi, karena Chrome OS yang digunakan berbasis Linux yang memang terkenal lebih aman dan tidak rentan terhadap infeksi virus dan ancaman lainnya. Belum lagi keamanan secara software dan hardware (security chip) yang ditanamkan Google pada setiap Chromebook.

Ini juga alasan mengapa Chromebook begitu populer saat ini selain ringan (tidak membutuhkan spesifikasi tinggi), tampilan dan fungsi mudah dijangkau, dukungan aplikasi yang begitu banyak dari aplikasi yang ada di Android dan keamanan yang terjamin dari Google.

Mengapa Penyimpanan Chromebook Kecil Dibandingkan Windows?

Hal menarik dalam sebuah Chromebook terutama untuk yang entry level dimana laptop tersebut menawarkan penyimpanan mulai dari 32 GB eMMC yang mungkin sebagian dari kita menganggapnya kecil.

Lalu pertanyaan mengapa laptop chromebook ini dapat menggunakan penyimpanan yang kecil, apa nanti tidak cepat penuh?

32 GB untuk sebuah laptop apakah terlalu kecil? jawabannya tidak juga.

  1. Chrome OS dari segi ukuran lebih kecil dibandingkan sistem operasi Windows (saat pertama kali anda pakai belum menginstall aplikasi apapun) ruang penyimpanan yang dipakai Chrome OS jauh lebih kecil.
  2. Chrome OS mendukung pengoperasian secara cloud dari Google. Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi secara cloud melalui internet tanpa perlu menginstallnya dan juga menyimpan file secara cloud. Jadi penyimpanan lebih hemat.
  3. Aplikasi Chrome OS cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan windows, kita tahu Chrome OS menggunakan aplikasi dari Android. Aplikasi Android memiliki ukuran aplikasi yang lebih kecil dengan aplikasi yang sama pada sistem operas windows.
  4. Opsi peningkatan melalui kartu microSD yang tersedia dengan mudah layaknya sebuah smartphone android.

Lagi pula 32 GB pada chromebook itu hanya akan anda temui pada laptop chrome kelas paling murah (2 jutaan), 2 jutaan sudah mendapatkan sebuah laptop sepertinya tidak bisa protes jika penyimpanan 32 GB ya masih bisa digunakan dengan nyaman dan masih ada opsi upgrade kedepan.

Apakah Chromebook Bisa Di Install Sistem Operasi Lain, Seperti Windows?

Jika Anda merasa Chromebook menawarkan harga murah dan Anda merasa tetap nyaman atau sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows. 

Mungkin karena sejak kecil hingga dewasa selalu menggunakan Windows dan Anda ingin laptop murah harga chromebook yang nantinya di install windows sendiri.

Namun hal tersebut tidak bisa. Secara resmi chromebook tidak mendukung untuk menginstal sistem operasi selain Chrome OS. Produsen Chromebook sudah mengunci pengaturan biosnya agar hanya bisa untuk Chrome OS.

Jika anda tertarik dengan laptop Chromebook anda bisa membaca Rekomendasi Laptop Murah 2 – 3 Jutaan Untuk Pelajar  disana terdapat banyak pilihan menarik laptop chromebook.

Mungkin itu dulu pembahasan tentang Chromebook, ya setidaknya kita jadi tahu bahwa sekarang ini ada sistem operasi lain yang bernama Chrome OS yang mungkin kedepan akan semakin berkembang dan mendapatkan lebih banyak pengguna.

Kita sebagai pengguna teknologi tentunya senang disuguhkan banyak alternatif pilihan. Kita bisa maju dan berkembang tersebut.

Sekian dari saya jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.