Menjaga Kesehatan Jantung Sedini Mungkin

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh kita yang perlu kita jaga kesehatannya, seperti yang kita ketahui bahwa penyakit jantung merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia dan masih menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia.

Di Indonesia sendiri dari tahun ke tahun stroke dan serangan jantung masih saling saling menyalip dalam urutan teratas penyakit penyebab kematian.

Angka kematian yang tinggi ini karena jantung sendiri organ vital yang berfungsi mengalirkan darah keseluruh tubuh, jika jantung berhenti berdetak secara tiba-tiba maka yang terjadi adalah organ-organ vital lainnya seperti otak, paru-paru, hati.

Ada berbagai penyakit jantung yang bisa menjadi masalah dalam kehidupan kita, berikut penjelasan tentang berbagai penyakit jantung dan penyebabnya.

  • Penyakit jantung koroner terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh tumpukan plat atau zat kimia dari makanan dan minuman.
  • Penyakit jantung bawaan merupakan penyakit kelainan struktur maupun fungsi jantung sejak bayi dalam kandungan (bawan lahir).
  • Infeksi jantung (endokarditis) infeksi yang menyerang endokardium (lapisan dalam ruang jantung dan katup) ini terjadi karena bakteri, jamur, parasit atau kuman yang berawal dari mulut menyebar ke darah sampai ke area jantung.
  • Gagal jantung adalah kondisi dimana jantung tidak dalam memompa darah dengan optimal sehingga darah yang dipompa tidak membawa nutrisi yang cukup pada tubuh.
  • Aritmia adalah gangguan irama jantung bisa terlalu cepat, terlalu lambat ataupun tidak beraturan.

Mungkin banyak kaum muda yang abai dengan penyakit jantung karena memang kebanyakan penyakit jantung ini terjadi pada usia lanjut, untuk pria diatas 50 tahun dan wanita diatas 65 tahun. Data ini dilansir dari Cleveland Clinic.

Walau begitu tidak semuanya berusia lanjut terkena penyakit jantung semua kembali lagi ke gaya hidupnya semasa muda, apakah hidup dengan sehat dan menjaga baik organ jantung seperti dengan berolahraga.

Nah fakta barunya sekarang ini justru banyak juga anak mudah dengan rentang usia 20 – 40 tahun terkena penyakit jantung. Hal ini tentunya karena life style yang kurang baik dari para milenial jaman now.

Tentunya kita sebagai manusia ingin dan mengupayakan yang terbaik untuk kesehatan kita, dan tentunya di iringi dengan berdoa untuk selalu diberikan kesehatan dari sang maha kuasa.

Lalu hal apa saja sih yang perlu anda lakukan sebagai langkah pencegahan terkena penyakit jantung di usia muda atau tua nanti, bagaimana gaya hidup yang baik untuk menjaga kesehatan jantung kita.

Berikut penjelasannya:

Jangan merokok dan hindari asap rokok.

Kita tahu bahwa remaja jaman sekarang cukup banyak perokok aktifnya. Rokok adalah salah satu penyebab tertinggi penyakit jantung. Dalam kemasan rokok sendiri sudah tertera jelas Merokok membunuhmu dan ada penjelasan dapat menyebabkan berbagai penyakit salah satunya penyakit jantung.

Sayangi kesehatan dirimu dan dompetmu. Sebagai anak muda lebih baik menyisihkan uang untuk ditabung atau investasi di masa depan.

Selain itu anda juga harus sebisa mungkin menghindari asap rokok, bukan hanya perokok aktif saja yang terkena dampak negatif rokok. Orang sekitar perokok atau istilahnya perokok pasif juga mendapatkan efek negatif bagi kesehatan.

Seorang perokok pasif memiliki resiko 25-30 persen lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung.

Jangan Begadang dan Tidur yang Cukup

Ini mungkin kebiasaan anak muda milenial jaman now yang suka bedanga seharian entah untuk mengerjakan tugas, bermain game, atau sekedar nongkrong bersama teman. Tidur sampai larut malam tapi esok harinya harus bangun pagi mungkin untuk sekolah/kuliah ataupun bekerja.

Hal ini tentunya akan menyiksa badan anda, tubuh dan organ tubuh anda termasuk jantung akan lelah karena tidak mendapatkan porsi tidur yang cukup dalam 1 harinya.

Ini terbukti dari sebuah hasil studi yang dilakukan di Spanyol bahwa Mereka yang tidur kurang dari 6 jam semalam memiliki kemungkinan lebih besar terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang tidur cukup 7-8 jam sehari.

Jangan Duduk, dan Rebahan Terus Menurus Rutinlah Berolahraga

Dimasa pandemi seperti ini kita tahu bahwa kita semakin sedikti aktifitas yang dilakukan diluar rumah, mulai dari belajar bagi pelajar dari rumah dan beberapa kantoran juga menerapkan work from home tentunya ini mengurangi aktifitas fisik kita.

Saya sendiri sebagai mahasiswa yang biasa jalan kesana kemari naik tangga untuk mau kuliah jadi cukup duduk dan berada didepan laptop/hp untuk melakukan pembelajaran, effort fisik jadi lebih minim.

Apalagi kaum milenial yang suka rebahan seharian, betah dirumah saja hanya mematengi sosial media.

Cobalah sesekali keluar untuk olahraga sebentar. Olahraga mampu mencegah berbagai penyakit jantung. Rutin berolahraga ringan semala 30 menit sehari dalam seminggu akan membuat jantung lebih sehat dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Pilihlah olahraga ringan yang anda senang melakukannya seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda dan olahraga lainnya.

Hindari Makanan Tinggi Lemak Trans Tinggi

Pola makan adalah hal penting yang perlu dijaga termasuk untuk menjaga kesehatan jantung. Kita perlu mencermati jenis makanan yang sering kita makan, jangan sampai makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari tidak sehat dan bisa menyebabkan penyakit jantung dimasa yang akan datang.

Lemak trans merupakan lemak yang terbentuk saat minyak menjadi lemak pada, kita juga sering mengenalnya dengan trans fat atau asam lemak.

Trans fat sendiri ada 2 jenisnya pertama yang alami yang terbentuk dalam usus hewan seperti sapi, kaming, dan domak dan kedua trans fat buatan yang terbentuk dari proses industri. Lemat trans buatan ini terjadi karena hidrogen masuk ke dalam minyak sayur sehingga sifat minyak berubah padt saat berada pada suhu ruangan. 

Apa saja makanan trans fat buatan yang harus kita hindari (dikurangi porsinya): makanan yang dipanggung (kebanyakan kue), camilan/snack, makanan banyak akan krimer, dan margarin dan masih banyak lagi termasuk junk food dari restoran cepat saji.

Jaga Kebersihan Gigi dengan Baik

Mungkin sebagian dari teman-teman masih bingung apa hubungannya kebersihan gigi ke penyakit jantung. Teryata menurut sebuah riset orang yang terkena penyakit periodontiti (penyakit gusi) berisiko mengalami penyakit jantung.

Banyak penelitian yang membuktikan hal ini yaitu bahwa bakteri pada mulut yang menjadi penyebab penyakit gusi dapat masuk ke dalam aliran darah dan menyebabkan terjadinya peningkatan protein C-reaktif yang menjadi masalah lain yaitu peradangan pada pembuluh darah hal ini bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Rutinlah menjaga kebersihan gigi, gusi dan mulu dengan mengosok gigi 2x sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Mungkin itu dulu pembahasan dari saya tentang Menjaga kesehatan jantung sedini mungkin, kita sebagai anak mudah tentunya ingin masa depan yang sehat dan cerah bukan, hal itu kita sendiri yang tentunya. Perbaiki gaya hidup dan tetap bersyukur hindari stress dan beban pikiran yang berlebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.