Metode Backward Design Langkah Mudah Merancang Training

306 View

Multimedialy.com– Untuk teman-teman yang ingin belajar training tentang Metode Backward Design Langkah Mudah Merancang Training, berikut dibawah ini admin akan membahasnya secara lengkap.

Hai sobat apa kabar? Berjumpa kembali bersama admin yang akan membahas tentang berita terbaru seputar dunia pembelajaran bagi kalian semua yang belum mengetahuinya.

Sebagai akses utama dalam metode pembelajaran terkini yang mudah serta didukung dengan teknologi perkembangan yang cukup pesat.

Dan berikut dibawah ini ada beberapa Metode Backward Design Langkah Mudah Merancang Training, untuk kalian semua yang ingin latihan utama dalam pembelajaran ini.

Baca Juga: Terlengkap Spesifikasi Dan Harga Vivo Y15s Terbaru 2022

Metode Backward Design Langkah Mudah Merancang Training

Metode Backward Design Langkah Mudah Merancang Training
Metode Backward Design Langkah Mudah Merancang Training

Backward Design adalah perancangan program training yang prosesnya berjalan mundur, dimulai dari identifikasi result atau hasil nyata dari apa yang dipahami oleh peserta training.

Jadi tujuan pembelajarannya bukan sekedar memahami konsep X atau langkah Y, melainkan hasil apa yang diperoleh peserta training jika mereka memiliki pemahaman-pemahaman tersebut.

Metode Design yang diperoleh Grant Wiggins dan Jay McTighe pada tahun 1998 ini memiliki 3 tahapan, yaitu dianataranya:

1. Identify Desired Result (identifikasi hasil yang diinginkan)

  • Hasil nyata apa yang didapat peserta training jika mereka telah paham dan terampil?
  • Apa guna dan manfaatnya jika peserta training memiliki pemahaman atau keterampilan tersebut?
  • Jika demikian, maka pemahaman dan keterampilan apa yang benar-benar perlu dimiliki itu?

2. Determine Acceptable Evidence (tentukan bukti yang dapat diterima)

Bukti disini maksudnya indikator atau tolok ukur, ditahapan ini silahkan tentukan apa buktinya jika peserta training telah memilki pemahaman yang diharapkan. Atau bisa juga, apa buktinya jika 3 pertanyaan ditahapa pertama terjawab sesuai.

Baca Juga: Spesifikasi Dan Harga Canon EOS 80D Update 2022

3. Plan Learning Experinces and Instruction (rencanakan pengalaman belajar dan instruksinya)

Sudah ditentukan tujuan dan sasaran pembelajarannya, sudah ditentukan juga indikator-indikatornya, sekarang rencanakan strategi, metode, dan aktivitas pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan dan sasaran pembelajaran tersebut.

Nah, berikut itu diatas dalam merancang program training mulai dari menentukan tujuan pembelajaran hingga menggunakan metode dan aktivitas yang sesuai kebutuhan, terdapat beberapa pendekatan.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan admin diatas tentang Metode Backward Design Langkah Mudah Merancang Training, untuk kalian semua semoga bermanfaat terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.