Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli

67 View

Multimedialy.com – Kata multi dan media digabungkan untuk membentuk kata multimedia. Kata “multi” berarti “banyak”.

“Multimedia adalah jenis media yang memungkinkan informasi dengan mudah ditransfer dari satu lokasi ke lokasi lain.

Multimedia adalah presentasi teks, gambar, audio, dan video dengan tautan dan alat yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi, terlibat, membuat, dan berkomunikasi menggunakan komputer.

Multimedia mengacu pada integrasi teks, gambar, gambar diam dan gambar bergerak(video) yang dibantu komputer grafis, audio, animasi, dan media lain di mana semua jenis informasi dapat diekspresikan, disimpan, dikomunikasikan, dan diproses secara digital.

Untuk memulai, komputer harus hadir untuk mengkoordinasikan apa yang Anda lihat dan dengar, serta untuk berinteraksi dengan. Kedua, harus ada interkoneksi antara berbagai potongan informasi.

Ketiga, Anda memerlukan alat navigasi untuk menjelajahi Web data yang saling berhubungan.
Multimedia sedang digunakan dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk pendidikan, pelatihan, dan bisnis.
Kategori Multimedia

Linear Multimedia

Ini juga disebut multimedia Non-interaktif. Dalam kasus multimedia linier, pengguna akhir tidak dapat mengontrol konten aplikasi. Ini benar-benar tidak memiliki interaktivitas dalam bentuk apa pun.

Beberapa proyek multimedia seperti film di mana materi dilemparkan secara linier dari awal hingga akhir. Sebuah aplikasi multimedia linear tidak memiliki semua fitur dengan bantuan yang.

Pengguna dapat berinteraksi dengan aplikasi seperti kemampuan untuk memilih pilihan yang berbeda, klik pada ikon, mengontrol aliran media, atau mengubah kecepatan di mana media ditampilkan.

Multimedia linier bekerja sangat baik untuk memberikan informasi kepada sekelompok besar orang seperti pada sesi pelatihan, seminar, pertemuan di tempat kerja, dll.

Multimedia Non-Linear

Dalam multimedia non-Linear, pengguna akhir diperbolehkan kontrol navigasi untuk menjelajah melalui konten multimedia atas keinginannya sendiri. Pengguna dapat mengontrol akses aplikasi.

Non-linear menawarkan interaktivitas pengguna untuk mengontrol pergerakan data. Misalnya permainan komputer, Situs Web, paket pelatihan berbasis komputer yang serba cepat, dll.

Aplikasi Multimedia

Multimedia menunjukkan bahwa, selain teks, grafik/gambar, dan Foto, Informasi Komputer dapat direpresentasikan menggunakan audio, video, dan animasi. Multimedia digunakan dalam:

Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, multimedia menjadi semakin populer. Ini sering digunakan untuk menghasilkan bahan belajar bagi siswa dan untuk memastikan bahwa mereka memiliki pemahaman menyeluruh tentang berbagai disiplin ilmu.

Edutainment, yang menggabungkan pendidikan dan hiburan, telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Sistem ini memberikan pembelajaran dalam bentuk kenikmatan kepada pengguna.

Hiburan

Penggunaan multimedia dalam film menciptakan kesan auditori dan video yang unik. Saat ini, multimedia telah sepenuhnya mengubah seni pembuatan film di seluruh dunia.

Multimedia adalah satu-satunya cara untuk mencapai efek dan tindakan yang sulit. Sektor hiburan memanfaatkan multimedia secara ekstensif.

Ini sangat berguna untuk membuat efek khusus dalam film dan video game. Ilustrasi yang paling terlihat dari munculnya multimedia dalam hiburan adalah aplikasi musik dan video.

Permainan interaktif menjadi mungkin berkat penggunaan multimedia dalam bisnis game. Video game lebih menarik karena efek audio dan visual yang terintegrasi.

Bisnis

Pemasaran, periklanan, demo produk, presentasi, pelatihan, komunikasi Jaringan, dll. adalah aplikasi multimedia yang membantu dalam banyak bisnis.

Audiens dapat dengan cepat memahami ide ketika presentasi multimedia digunakan. Ini memberikan teknik yang sederhana.

Dan efektif untuk menarik perhatian pengunjung dan secara efektif menyampaikan informasi tentang berbagai produk. Ini juga digunakan untuk mendorong klien membeli barang dalam pemasaran bisnis.

Teknologi & Sains

Di bidang sains dan teknologi, multimedia memiliki berbagai aplikasi. Hal ini dapat berkomunikasi audio, film, dan dokumen multimedia lainnya dalam berbagai format.

Hanya multimedia yang dapat memungkinkan siaran langsung dari satu lokasi ke lokasi lain. Ini bermanfaat bagi ahli bedah karena mereka dapat melatih prosedur rumit seperti pengangkatan otak.

Dan operasi rekonstruktif menggunakan gambar yang dibuat dari pemindaian pencitraan tubuh manusia. Rencana dapat diproduksi lebih efisien untuk memotong biaya dan masalah.

Seni Rupa

Seniman Multimedia bekerja dalam seni rupa, menggabungkan pendekatan yang menggunakan banyak media dan menggabungkan keterlibatan pemirsa dalam beberapa bentuk.

Misalnya, berbagai media digital dapat digunakan untuk menggabungkan film dan Opera. Seniman Digital adalah kata baru untuk jenis seniman ini.

Pelukis Digital membuat lukisan digital, lukisan matte, dan grafik vektor dari banyak varietas menggunakan aplikasi komputer.

Teknik

Multimedia sering digunakan oleh insinyur perangkat lunak dalam simulasi komputer untuk pelatihan militer atau Industri.

Ini juga digunakan untuk antarmuka perangkat lunak yang dibuat oleh para ahli kreatif dan insinyur perangkat lunak dalam kemitraan. Hanya multimedia yang digunakan untuk melakukan semua perhitungan menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.