Penyebab Minat Belajar Siswa Rendah

multimedialy.com – Hallo sahabat multi bertemu lagi dengan admin yang selalu memberikan informasi yang menarik. Nah pada pembahasan kali ini admin akan membahas tentang Penyebab Minat Belajar Siswa Rendah.

Semua orang memiliki ketertarikannya masing-masing untuk mempelajari berbagai hal. Tetapi, bisa saja anak sebenarnya tertarik pada belajar, akan namun ada faktor lain yang menurunkan minat belajarnya. Lantas, apa yang membuat minat anak rendah saat belajar, malas-malasan, atau tidak mau belajar sama sekali?

Berikut Penyebab Minat Belajar Siswa Rendah

1. Menjadi korban bullying atau terlibat di dalamnya

Bullying marak terjadi di sekolah. Banyak anak-anak yang menjadi korban bullying. Pastinya saja hal ini akan berdampak bagi prestasi anak di sekolah.

Merasa dirinya tidak diinginkan di sekolah dan merasa tidak mempunyai teman membuat anak malas masuk sekolah.

Bullying juga membuat anak kehilangan minat atau tidak fokus pada belajar. Ditindas oleh anak-anak lain membuat harga diri mereka menjadi rendah dan malas melakukan apa pun bahkan tidak ingin masuk sekolah lagi sebab tidak ingin terus menerus ditindas.

2. Mengalami kelas dan guru yang buruk

Guru seharusnya menjadi teladan bagi siswa. Namun ada beberapa guru yang masih memegang prinsip kekerasan untuk menghukum anak. Kekerasan mendorong anak dengan secara tidak langsung untuk tidak belajar.

Ketakutan yang di buat guru tersebut membuat anak sulit untuk fokus dan konsentarsi ketika belajar. Selain guru yang menggunakan cara kekerasan, guru yang tidak kompeten dan mempunyai cara belajar yang membosankan juga mempengaruhi minat belajar siswa.

3. Materi yang terlalu sulit atau terlalu mudah

Terkadang sekolah-sekolah memberikan materi yang terlalu sulit bagi siswanya. Ada yang tertantang dengan materi itu akan namun ada banyak juga yang menyerah sebab materinya terlalu sulit.

Menurut Lev Vygotsky seorang psikolog yang dikenal dalam bidang psikologi anak dan merumuskan konsep “zone ofproximal development”, materi yang terlalu sulit maupun terlalu mudah untuk anak bisa membuat anak kehilangan minat belajarnya.

Jadi lebih baik materi tersebut sedikit menantang namun tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu mudah.

4. Mengalami gangguan belajar

Bisa saja anak mama mempunyai minat belajar yang rendah dikarenakan memiliki gangguan dalam belajarnya. Seperti, disleksia, diskalkulia, atau disgrafia. Maka dari itu coba mama pelajari lebih lanjut mengenai tiga gangguan belajar tersebut.

5. Terganggu gadget dan kebanyakan main game

Zaman sekarang teknologi berkembang begitu cepat. Setiap hari pasti orang-orang menggunakan handphone. Tiada hari tanpa handphone. Di handphone kita dapat melakukan hal apa pun seperti chattingan, main game, nonton youtube, dll.

Hal-hal seperti ini lah yang membuat minat anak pada belajar berkurang. Anak-anak lebih memilih kesenangan semata daripada belajar untuk kesuksesan masa depannya.

Akhir Kata

Nah mungkin hanya itu ulasan yang dapat admin sampaikan tentang Penyebab Minat Belajar Siswa Rendah semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.