Perbedaan Profesi Dengan Pekerja

Multimedialy.com – Mayoritas orang menganggap bisnis dan layanan sebagai dua hal yang berbeda tetapi dalam kategori layanan satu dapat memisahkan layanan menjadi dua bagian.

Satu adalah profesi dan lainnya adalah pekerjaan dan jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang menganggap profesi dan pekerjaan.

Yang sama maka Anda salah karena ada banyak perbedaan antara keduanya. Mari kita lihat beberapa perbedaan penting antara profesi dan pekerjaan.

Perbedaan Profesi dan Pekerjaan

Arti: Profesi mengacu pada pekerjaan yang membutuhkan keterampilan dan pengetahuan khusus untuk melakukan pekerjaan khusus sementara Pekerjaan mengacu pada bekerja untuk orang lain yang mungkin merupakan kepemilikan tunggal atau kemitraan atau perusahaan.

Oleh karena itu misalnya, jika seorang dokter mengunjungi kampus Microsoft untuk pemeriksaan karyawan Microsoft daripada dokter itu adalah contoh profesional sementara ribuan pekerja pergi setiap hari ke kampus Microsoft untuk bekerja adalah contoh pekerjaan.

Kualifikasi: Dalam hal profesi, seseorang perlu memiliki kualifikasi serta pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan secara efisien dan efektif dan pengetahuan atau pekerjaan itu sama untuk semua profesional dari pekerjaan tertentu itu.

Baca Juga: Teks Faktual Adalah Berita yang Berdasarkan Kenyataan, Berikut Penjelasannya

Oleh karena itu, misalnya, semua dokter akan meresepkan perlakuan yang sama untuk penyakit tertentu sementara dalam kasus pekerjaan seseorang harus memiliki kualifikasi sesuai dengan profil pekerjaan.

Juga majikan dan itulah alasan mengapa seseorang akan menemukan orang-orang dengan kualifikasi yang sama melakukan pekerjaan yang berbeda di perusahaan yang berbeda karena mereka dalam pekerjaan dan bukan dalam profesi.

Penghasilan

Dalam kasus profesi profesional memperoleh penghasilan dalam bentuk biaya profesional untuk layanan yang diberikan oleh profesional selain biaya ini dapat bervariasi dari orang ke orang.

Maka misalnya dokter di satu daerah dapat mengambil $100 untuk pengobatan penyakit dan dokter lain dapat mengambil $200 di daerah lain untuk pengobatan penyakit yang sama.

Sementara dalam hal pekerjaan karyawan memperoleh penghasilan dalam bentuk gaji untuk layanan yang diberikan oleh karyawan untuk majikan mereka.

Kebutuhan Modal: Dalam kasus profesional mereka membutuhkan modal awal untuk mengatur pekerjaan mereka, oleh karena itu, misalnya, dokter perlu memiliki klinik.

Atau pengacara perlu memiliki kantor untuk memberikan layanan kepada klien mereka tetapi sejauh menyangkut pekerjaan tidak perlu investasi modal.

Karena Anda harus memberikan layanan Anda dan sebagai imbalannya Anda mendapatkan pembayaran gaji dari perusahaan.

Dengan kata sederhana sejauh menyangkut kebutuhan modal pekerjaan adalah pilihan terbaik jika Anda tidak memiliki cukup modal karena modal sendiri adalah suatu keharusan baik dalam profesi maupun bisnis.

Aturan dan regulasi: Dalam kasus profesi profesional harus mengikuti kode etik profesional dan melakukan layanan nya sesuai dengan kode etik yang ditetapkan oleh badan profesional apex.

Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Kursus?

Tapi sejauh pekerjaan yang bersangkutan karyawan harus mengikuti norma-norma yang ditetapkan oleh majikan dan bekerja dalam norma-norma.

Oleh karena itu misalnya jika majikan telah menetapkan waktu Kerja dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore dan jika seorang pekerja ingin pergi lebih awal daripada dia harus meminta izin jika dia ingin pergi lebih awal.

Dengan kata sederhana, aturan dan peraturan untuk profesi tertentu bersifat universal yaitu mereka sama di mana-mana sementara aturan dan peraturan untuk pekerjaan tidak universal dan mereka berbeda di perusahaan yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *