Rekomendasi Laptop Murah 2 – 3 Jutaan Untuk Pelajar

Multimedialy.com – Rekomendai laptop murah. Seiring berkembangan jaman dan teknologi yang namanya laptop tidak hanya digunakan oleh seorang yang bekerja dikantoran saja tapi juga oleh pelajar. Mungkin jika dulu pelajar yang membutuhkan sebuah laptop hanya untuk yang sudah masuk ke perguruan tinggi (mahasiswa) sekarang anak SMA bahkan anak SMP sudah membutuhkannya untuk kegiatan belajar.

Kalau dulu mungkin laptop untuk belajar di SMP belum begitu wajib mungkin sekarang sudah banyak sekolah yang mewajibkannya untuk membawa laptop untuk menunjang kegiatan belajar di sekolah.

Apalagi semenjak masa pandemi dimana kegiatan belajar belajar masih dilakukan daring atau belum sepenuhnya tatap muka langsung, fungsi laptop bagi seorang pelajar menjadi penting.

Terlepas dari kebutuhan dari sekolah atau tidak, menurut saya pribadi memberikan sebuah laptop ke anak sedini mungkin merupakan hal yang baik dan positif karena kita sebagai orang tua bisa memberikan pelajaran sedini mungkin tentang komputer.

Kita tahu dijaman sekarang ini komputer bisa dimanfaatkan untuk banyak kebutuhan. Dengan sebuah laptop mungkin kita bisa memberi atau mengasah bakat dan minat anak kita dihal-hal positif lainnya.

Nah pada kali ini saya akan memberikan rekomendasi laptop murah dengan rentang harga 2 sampai 3 jutaan saja, yang cocok untuk para orang tua yang sedang mencarikan laptop murah untuk anaknya belajar.

Laptop murah ini bisa digunakan untuk pelajar SD, SMP, SMA, Mahasiswa atau untuk Keperluan Kerja tetap bisa menggunakan rekomendasi dari saya, asal kebutuhannya masih yang sederhalah seperti mengetik, web browsing, zoom meeting/google meet, dan komputasi sederhana lainnya masih bisalah.

Laptop Chromebook

Chromebook ini sekarang ini menjadi pilih populer bagi orang tua untuk membelikan anaknya laptop untuk belajar.

Chromebook ini secara fisik sama seperti laptop biasa hanya saja menggunakan sistem operasi Chrome OS yang memang dibuat khusus untuk pelajar atau anak-anak yang baru belajar komputer.

Secara tampilan Chrome OS dibuat simpel dan sederhana seperti tampilan web browser chrome, jadi mungkin anda yang baru belajar sudah familiar dan langsung paham.

Kelebihan dari Chrome OS ini juga tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi untuk bisa berjalan dengan lancar, karena spesifikasi yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi untuk dapat berjalan dengan lancar maka secara hargapun bisa jauh lebih murah dibanding laptop dengan sistem operasi Windows.

Dukungan aplikasinya pun cukup banyak karena Chrome OS kompatibel untuk menginstall aplikasi android melalui playstore. Jadi akan banyak aplikasi yang bisa anda gunakan pada Chrome OS.

Inilah kenapa chromebook bisa jadi pilihan terbaik laptop murah untuk pelajar bukan sekedar murah tetapi bisa berjalan lancar untuk memenuhi kebutuhan pelajar dan profesional.

Pemerintah sendiri melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga memilih laptop chrome book sebanyak 240.000 unit laptop untuk sekolah-sekolah sebagai penunjang kegiatan belajar.

So memang chromebook ini bisa jadi pilihan terbaik untuk laptop murah.

Berikut beberapa rekomendasi laptop Chromebook murah mulai dari 2 jutaan.

Laptop Chromebook 11.6 Inci (2 jutaan)

Samsung Chromebook 4 (Intel Celeron N4020, 4 GB RAM, 32 GB eMMC, 11.6″ HD) – Mulai dari Rp. 2,4 jutaan 

Mungkin anda sudah tidak asing lagi brand samsung pada lini smartphone dimana produk-prouk yang dibuat selalu berkualitas dan memiliki build quality yang baik

Nah kali ini samsung hadir dengan laptop Chrome mereka dengan harga 2 jutaan saja anda sudah dapat membawa pulang laptop yang satu ini.

Secara spesifikasi laptop ini memiliki bentang layar 11,6 inci dengan processor Intel Celeron N4020, 4 GB RAM dan 32 GB Storage eMMC yang masih bisa anda upgrade lagi dengan microSD.

Dengan ukuran layar 11,6 inci laptop ini memiliki dimensi ukuran yang tidak terlalu besar memiliki panjang 28,79 cm lebar 20,23 cm dan ketebal hanya 1,67 cm sehingga dapat mudah masuk ke tas anak tanpa memerlukan tas yang berukuran besar.

Bobotnya juga ringan hanya 1,18 kg jadi cocok untuk anak SMP jadi tidak membebani anak ketika membawanya ditas dan ditambah lagi dengan berbagai buku pelajar.

Processor Intel Celeron N4020 ini cukup populer untuk laptop entri level, jika di laptop dengan sistem operasi Windows anda akan mendapatkan processor ini direntang harga mulai dari 4 jutaan sampai 5 jutaan dan bahkan dilaptop 6 jutaan anda masih bisa menemukan laptop dengan processor yang satu ini. Namun di Samsung Chromebook ini anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 2,4 juta (untuk garansi distributor) dan 2,7 juta (untuk garansi resmi).

HP Chromebook 11 G8 (Intel Celeron N4020, 4 GB RAM, 32/160 GB eMMC, 11.6″ HD) – Mulai dari Rp. 2,4 jutaan

HP siapa yang tidak kenal brand laptop asal Amerika satu ini, HP sudah cukup mentereng namanya di dunia perlaptopan mulai dari kelas entry level hingga kelas gaming dan enterprize mereka ada.

Termasuk dengan seri laptop chrome book mereka yaitu HP Chromebook 11 G8. Secara spesifikasi yang diberikan juga cukup memumpuni tidak kalah dengan kompetitor.

Dengan processor favorit di kelas entry level laptop yaitu Intel Celeron N4020, processor ini bertipikal hemat daya dan cukup untuk komputasi harian ringan.

Untuk storage laptop ini menggunakan 4 GB RAM dan 32 GB Internal Storage. Dari segi spesifikasi kurang lebih hampir sama dengan laptop lainnya dikelas harga kurang dari 3 jutaan. Namun yang menarik disini adalah dari segi harga yang ditawarkan untuk varian 4 GB RAM dan 32 GB penyimpanan anda cukup merogoh kocek 2,4 jutaan saja.

Bahkan ada paket bundling resmi dengan menambah 300 ribuan saja anda sekitar 2,7 jutaan anda akan mendapatkan storage versi 160 GB (32 GB + 128 GB eMMC).

Dengan kapasitas penyimpanan 160 sudah cukup untuk pemakaian jangka panjang laptop chromebook. Dimana laptop chrome book ini lebih hemat penyimpanan tidak seperti laptop Windows.

Laptop ini memiliki bentang layar 11.6 inci dengan resolusi HD, untuk dimensi bodi-nya

Laptop ini juga sudah di lengkapi fitur tambahan untuk keamanan seperti spill water resistant keyboard dan military grade material, sehingga lebih terjamin build kuality dan keawetannya ketika dipakai anak-anak yang mungkin masih sembarangan dalam merawat barang.

Untuk garansi laptop ini sudah dilengkapi garansi resmi selama 1 tahun dari HP Indonesia.

Lenovo Ideapad 3 Chromebook  (Intel Celeron N4020, 4 GB RAM, 160 GB eMMC, 11.6″ HD ) – Mulai dari Rp. 3,3 jutaan

 

Bisa dikatakan sebagai seri chromebook termurah dari Lenovo, walaupun termurah spesifikasi yang ditawarkan cukup menarik untuk harganya yang saat ini Rp. 3,3 jutaan.

Menggunakan processor terfavorit untuk chromebook Intel Celeron N4020 (2 core / 2 thread / 1.1 GHz Base Clock / 2,8 Boost Clock didukung dengan RAM 4 GB LPDDR4-2400 dan storage yang cukup lega 160 GB eMMC 5.1.

Laptop ini memiliki ukuran layar 11.6 inci dengan resolusi HD dan sudah dilengkapi dengan web cam HD tentunya untuk keperluan videocall dan meeting.

Point plus dari laptop ini menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup lega untuk kelas laptop 11.6 inci sejak awal pembelian.

Paket pembeliannya cukup standar dengan unit laptop, charger, tas laptop, dan box/dus laptop.

Lenovo Ideapad 3 Chromebook ini bergaransi 1 tahun dari Lenovo Indonesia.

Laptop Chromebook 14 Inci (3 jutaan)

HP Chromebook 14 G6 (Intel Celeron N4020, 4 GB RAM, 32 eMMC / 14″ HD) – Rp. 3,1 jutaan

Ini bisa dikatakan laptop chromebook 14 inci termurah dari HP, dengan harga mulai dari 3,1 jutaan anda sudah mendapatkan sebuah laptop dengan ukuran 14 inci dan spesifikasi seperti processor Intel Celeron N4020, 4 GB RAM, 32 GB Storage yang masih bisa anda ekspansi lagi nantinya dengan microSD.

Bisa dikatakan cukup ringan untuk laptop 14″ hanya 1,4 kg jadi masih nyaman untuk dibawa-bawa didalam tas untuk keperluan sekolah bersama dengan buku-buku pelajaran.

Untuk garansi yang diberikan garansi distributor selama 1 tahun.

HP Chromebook 14a (Intel Pentium Silver N5000, 4 GB RAM, 128 GB eMMC, 14″ HD) – Mulai dari Rp. 3,8 jutaan

Untuk kelas chromebook, HP bisa dikatakan terlengkap dalam menawarkan seri jajaran laptop chrome mereka dan dari segi spesifikasi yang ditawarkan sangat amat menarik salah satunya adalah HP Chromebook 14.

Processor yang ditawarkan cukup kencang untuk lini chromebook dikelas harganya yang hanya Rp. 3.8 jutaan anda sudah mendapatkan laptop dengan processor Intel Pentium Silver 4 core 4 thread dengan base clock 1,1 GHz, turbo boost 2,7 GHz dengan Integrated Graphich Intel UHD Graphich 605.

Dengan jumlah core yang lebih banyak dibanding Celeron N4020 tentunya membuat kemampuan multi core lebih baik. Berdasarkan benchmark Intel Pentium Silver ini unggul lebih dari 50% untuk pengujian benchmark multicore (Cinebench R23 Multicore, Passmark CPU, Geekbench). Untuk performa single core masih sama seperti celeron N4020.

Selain performa multicore yang lebih baik Intel Pentium Silver N5000 (Intel UHD Graphics 605) juga peningkatan dari segi grafis juga lebih unggul dibanding N4020 (Intel UHD Graphics 600) dengan melihat boost clocknya saja sudah terlihat 800 MHz vs 750 MHz (0,23 TFLOPS : 0,14 TFLOPS).

Intinya sih dengan harga Rp, 3,8 jutaan laptop HP Chromebook 14 ini sudah menggunakan CPU terkencang dikelas harganya.

Spesifikasi lainnya seperti RAM 4 GB LPDDR4-2400 MHz, storage 128 GB, layar 14″ HD dengan anti-glare.

Untuk garansi yang diberikan 1 tahun garansi distributor.

Lenovo Chromebook 14e (AMD A4 9125, 4 GB RAM, 160 GB eMMC, 14″ Full HD) – Mulai dari Rp. 3,8 jutaan

Jika anda butuh pilihan lain chromebook yang menggunakan processor selain dari intel maka Lenovo Chromebook ini bisa jadi pilihan menarik bagi anda.

Dengan harga Rp. 3,8 jutaan anda sudah mendapatkan laptop dengan ukuran layar 14 inci dan beresolusi Full HD (1920 x 1080) untuk panel yang digunakan masih TN, walau ada versi panel IPS dan Touchscreen dengan harga …

Dari ukuran layar yang cukup besar ditunjang resolusi tinggi Full HD memang laptop chromebook ini bisa memberikan kenyamanan lebih dari segi tampilan virual layar yang diberikan.

Kita akan bahas processor yang digunakan yaitu AMD A4-9120C karena bisa dikatakan cukup berbeda dengan chromebook lain yang menggunakan processor favorit sejuta umat user chromebook Intel N4020.

Secara spesifikasi processor AMD A4 ini processor hemat daya dengan TDP 6 watt 2 core 2 thread base clock di 1,6 GHz, boost clock di 2,4 GHz, dengan integrated graphich card Radeon R4 Graphics.

Secara performa cpu memang masih sedikit dibawah celeron N4020 dan efisiensi juga masih kalah karena AMD A4 ini masih menggunakan fabrikasi 28 nm dibanding N4020 yang sudah 14 nm. AMD A4 ini unggul dari segi integrated graphic yang ditawarkan.

Untuk sebuah chromebook AMD A4 ini sudah cukup untuk keperluan komputasi harian.

Hal menarik dari laptop ini kapasitas stogarage yang ditawarkan cukup besar 160 GB (32 GB + 128 GB).

Selain itu layar 14 inci juga memiliki resolusi yang cukup tinggi dan tajam di kelas harganya dengan resolusi full hd.

Untuk garansi 1 tahun garansi distributor.

Lenovo Chromebook S345 (AMD A6 9920C, 4 GB RAM, 160 GB eMMC, 14″ Full HD IPS) – Mulai dari Rp. 3,9 jutaan

Lenovo Chromebook ini bisa dikatakan versi upgrade dari 14e dari segi tampilan fisik bisa dikatakan sama persis dengan versi 14e. Namun secara spesifikasi Lenovo Chromebook 14 ini menawarkan processor yang lebih kencang dengan AMD A6 (2C / 2T, 1.8 / 2.7GHz, 1MB L2) dan integrated graphich Radeon R5.

Walaupun menawarkan spesifikasi lebih dari segi spesifikasi namun secara harga hanya terpaut sedikit dengan versi 14e, Lenovo Chromebook 14 ini dibanderol dengan harga Rp. 3999.000.

Ini bisa jadi pilihan lebih bijak karena anda mendapatkan processor dan gpu yang sedikit lebih kencang tentunya dengan penambahan harga yang tidak terlalu signifikan.

Untuk spesifikasi lain sama seperti 14e seperti layar 14 inci IPS Full HD, RAM 4 GB, 160 GB Storage (32 GB + 128 GB) eMMC, dengan garansi distributor selama 1 tahun.

Lenovo Slim 3i Chromebook 14″ (Intel Celeron N4020, 4 GB RAM, 160 GB Storage, 14″ Full HD) – Mulai dari Rp. 3,9 jutaan

Laptop Slim 3i Chromebook ini bisa dikatakan laptop murah dengan tongkrongan yang tetap kece dan menarik. Sesuai namanya Slim laptop ini memang memiliki dimensi yang slim yang terlihat lebih mewah dibandingkan kelas harganya yang berada di sekitar Rp. 3,9 jutaan.

Laptop ini memiliki ukuran layar 14 inci cukup besar sehingga terlihat lebih profesional memerlukan untuk keperluan pekerjaan juga masih bisa karena area layar lebih besar lebih nyaman untuk bekerja.

Selain layarnya yang cukup luas juga ditunjang dengan resolusi yang tajam di Full HD 1920 x 1080 px membuatnya semakin terlihat seperti laptop kelas atas, walaupun memang panel yang diberikan masih TN belum IPS.

Masuk ke spesifikasi mesin, laptop ini ditenagai Processor Intel Celeron N4020, RAM 4 GB LPDDR4 dan Storage 160 GB eMMC (32 GB + 128 GB).

Garansi yang diberikan garansi distributor selama 1 tahun.

2 in 1 Chromebook

Asus Chromebook Flip C214MA (Intel Celeron N4020, 4 GB RAM, 32 eMMC, 11.6″ HD Touchscreen) – Mulai dari Rp. 3,9 jutaan

Sesuai dengan nama laptop ini dapat di flip atau diputar layar kebelakang dan difungsikan layaknya sebuah tablet dengan dukungan layar touchscreen.

Dengan layar touchscreen dan layar flip maka akan lebih banyak hal yang bisa anda lakukan dan eksplorasi dengan layar seperti untuk keperluan produktifitas mendesain, dan hal lainnya yang tidak bisa anda lakukan dengan laptop biasa non touchscreen.

Layarnya berukuran 11,6 inci LED dengan resolusi 1366 x 768 px anti-glare (sehingga terhindar silau dari pantulan cahaya saat digunakan secara outdoor), viewing anglenya pun cukup luas 178 derajat yang artinya anda bisa tetap nyaman melihat ke layar dari sudut pandang manapun (mendukung sekali fitur flip layarnya, dimana kita akan tidak selalu melihat layar dalam kondisi tegak lurus).

Untuk harga walaupun ini laptop Asus flip dan layar touchscreen masih tergolong murah dan terjangkau, harganya saat ini Rp. 3959.000.

Untuk dapur pacu yang digunakan processor favorit chromebook yaitu Intel Celeron N4020 (whitis good lebih baik dibanding seri asus C423), RAM 4 GB, eMMC 32 GB tersedia juga varian 64 GB dengan harga yang berbeda juga tentunya.

Durabilitas juga tidak perlu diragukan dengan adanya spill and tamper resistant pada keyboard, dan military grade standar, bisa memberikan rasa aman setidaknya saat digunakan terutama untuk anak-anak yang masih belum bisa menjaga laptop dengan baik.

Laptop ini juga memiliki kelebihan konektifitas yang cukup lengkap seperti mendukung Wi-Fi 5 (802.11 ac), bluetooth 5.0, 1 x USB type A 3.0 Gen 1 dan  2 x USB type C 3.1 Gen 1.

Garansi yang diberikan 1 tahun garansi resmi dari Asus Indonesia.

Lenovo Chromebook C340 11 2in1 (Intel Celeron N4000, 4 GB RAM, 160 GB eMMC, 11.6″ HD Touchscreen) – Mulai dari Rp. 3,9 jutaan

Jika anda mencari laptop 2 in 1 murah yang bisa difungsikan sebagai laptop ataupun dalam mode tablet dengan pengoperasian touchscreen maka Lenovo Chrobook C340 ini bisa jadi opsi pilihan anda.

Dengan harga Rp. 3999,000 anda sudah mendapatkan laptop 2 in 1 dengan spesifikasi processor Intel Celeron N4000, RAM 4 GB LPDDR 4, 160 GB Storage (32 GB + 128 GB) eMMC, layar 11,6 inci dengan resolusi 1366 x 768 px.

Dengan ukuran layar yang 11,6″ mobilitas lebih terjaga apalagi dengan dukungan touchscreen mempermudah produktifitas untuk penggunaan chrome os.

Untuk konektifitas laptop ini bisa dikatakan cukup lengkap untuk laptop ukuran 11,6″ ada port 2x USB-C 3.1 Gen 1, 1 card reader, 2x USB 3.1 Gen 1, 1x audio combo jack, bluetooth 4.2 dan dukungan wifi AC.

Laptop Windows/DOS

Jika dirasa anda butuh laptop dengan sistem operasi Windows, mungkin karena sudah terbiasa atau memang kebutuhan kerja hanya bisa ditangani dengan sistem operasi Windows maka berikut rekomendasi laptop Windows ataupun DOS (tanpa operating system) yang nantinya bisa di install sendiri OS Windows, dengan harga mulai dari 3 jutaan.

Windows disini minimal menggunakan Windows 10 agar tetap terbaru dan mendapatkan update keamanan kedepan tentunya.

Berikut beberapa rekomendasi laptop Windows/DOS murah mulai dari 3 jutaan.

Laptop 11.6 Inci Windows/DOS (3 jutaan)

Laptop Axioo Slimbook 11G (Intel Celeron N4020, 4/6 GB RAM, 128/256 GB SSD, 11.6″ HD) – Mulai dari Rp. 3,2 jutaan

Seperti yang kita ketahui Axioo Chromebook telah dipilih sebagai laptop yang digunakan pemerintah sebagai laptop subsidi yang akan diberikan ke sekolah-sekolah untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar dimasa pandemi ini.

Pemilihan Axioo tidaklah tanpa alasan selain brand lokal juga mampu memberikan spesifikasi yang terbaik di kelas harganya.

Termasuk seri Axioo Slimbook 11G, dengan harga Rp 3,2 jutan (4 GB RAM/128 GB SSD), Rp. 3,5 juta (4 GB RAM/256 GB SSD), Rp. 3,8 jutaan (6 GB RAM/ 256 SSD) , anda akan mendapatkan spesifikasi yang menurut saya cukup menarik dan berbeda dengan kompetitor.

Untuk spesifikasi menggunakan processor hemat daya Intel Celeron N4020, RAM 4 GB (DDR4), layar 11,6 inci (beresolusi 1366 x 768 px), 128 M.2 SSD.

Yang menjadi menarik adalah 2 hal yang tidak akan anda temukan dibrand lain dikelas harganya yaitu panel layar yang digunakan IPS dimana kompetitor masih menggunakan panel TN/VA, 3 jutaan mendapatkan panel IPS menurut saya hal terbaik yang bisa anda dapatkan.

Dengan panel IPS layar akan memiliki viewing angle yang baik, warna dan contraspun juga lebih baik dibanding TN/VA.

Selain itu storage yang digunakan sangat besar (untuk ukuran chromebook) 128 GB dan cepat jauh lebih cepat karena menggunakan SSD M.2 bukan eMMC yang pada umumnya digunakan pada laptop chromebook.

Untuk dimensi 275.2 x 191 x 12.8 mm dan bobotnya hanya 1,15 KG. Sistem operasi yang digunakan masih DOS (alias kosongan) jadi anda perlu menginstallnya sendiri.

Garansi yang diberikan 1 tahun garansi resmi Axioo Indonesia.

Lenovo 100E Gen 2 (Intel Celeron N4020, 4GB RAM, 128 GB eMMC, 11.6″ HD, Windows 10 Pro Ori) – Mulai dari Rp. 3,8 jutaan

Laptop berukuran layar 11.6 inci dengan resolusi HD (1366 x 769 px), poin plusnya layarnya sudah dilengkapi dengan fitur antiflare sehingga tetap nyaman ketika dipakai diluar ruangan (mengurangi pantulan cahaya yang menggangu ke layar).

Untuk spesifikasinya menggunakan processor Intel Celeron N4020 diteman dengan RAM berukuran 4GB LPDDR4-2400 dan untuk penyimpanannya berkapasitas 128 GB eMMC.

Laptop ini tentunya sudah dilengkapi juga dengan webcam beresolusi 720p untuk sekedar kebutuhan video call.

Konektifitas tergolong lengkap dengan modem Intel 9560 sehingga mendukung wifi AC dan bluetooth 5.1. Tersedia juga port-port seperti 2x USB 3.1 Gen 1 (1 support always on), 1 x USB-C 3.1 Gen 1 (untuk transfer data, power delivery, dan display port), 1x HDMI, 1x microSD card reader, dan 1 x audio combo jack.

Lenovo 100E ini juga sudah dilengkapi sistem operasi Windows 10 Pro 64-bit original out of the box jadi siap anda pakai.

Untuk harga laptop ini dibanderol dengan harga Rp. 3,8 jutaan dan untuk garansi laptop ini bergaransi 1 tahun distributor.

Zyreq Sky Mini (Intel Celeron N4020, 4GB RAM, 300 GB: 64 GB eMMC + 256 GB SSD, 11.6″ FHD IPS) – Mulai dari Rp. 3,9 jutaan

Jika anda mungkin membutuhkan sebuah laptop yang siap pakai dengan sudah ada sistem operasi Windows original didalamnya maka Zyreq Sky Mini bisa jadi pilihan terbaik untuk anda.

Dengan harga Rp. 3,9 jutaan anda sudah mendapatkan sebuah laptop dengan spesifikasi yang cukup memumpuni dikelas harganya.

Menggunakan processor favorit Intel Celeron N4020 ditunjang dengan RAM berkapasitas 4 GB DDR dan storage sebesar 300 GB yang terdiri dari 64 GB eMMC + 256 GB SSD. Saya rasa wow sekali mendapatkan 256 SSD untuk kelas harganya, masih ditambah 64 GB eMMC secara bawaan.

Untuk opsi upgrade storage anda bisa upgrade SSD atau menambahnya menggunakan Micro SD Card slot up to 128 GB.

Ukuran layar 11.6 inci, tipikal laptop kecil tapi walaupun begitu resolusi dan panel yang diberikan berkualitas. Menggunakan resolusi Full HD 1920 x 1080 px dan panel IPS yang membuat tampilan layar laptop ini begitu nyaman dipandang.

Untuk konektifitas ada wifi standar WiFi b/g/n, bluetooth 4.0, 1 x USB 2.0, 1x USB 3.0, mini HDMI, dan microSD card slot.

Laptop ini juga sudah menggunakan Windows 10 Home 64-bit original tentunya, so anda bisa langsung pakai laptop ini. Untuk garansi 1 tahun garansi resmi dari Zyrex Indonesia.

Laptop 14 Inci Windows/DOS

Asus X441NA-BX402 (Intel Celeron N3350, 4GB RAM, 500 GB HDD, 14″ HD, DOS) – Mulai dari Rp. 3,8 jutaan

 

Jika anda mencari laptop dengan memperhatikan brand yang cukup terkenal lama dan memiliki service center yang banyak. Maka Asus X441NA-BX402 ini solusinya, laptop bisa dikatakan laptop 14″ termurah dari Asus.

Untuk spesifikasi yang dibawanya menggunakan processor Intel Celeron N3350, RAM 4 GB, dan storage menggunakan 500 GB HDD (5400 RPM).

Untuk layar 14″ nya resolusinya masih standar di 1366×768 px. Baterai yang digunakan 3 cell 36 Whrs. Untuk port dan konektifitas cukup lengkap, tersedia: Multi-format card reader, VGA Web Camera, Super-Multi DVD , 1 x COMBO audio jack , 1 x USB 3.0 port(s) , 1 x USB 2.0 port(s), 1 x USB-C Gen 1 (up to 5 Gbps), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert , 1 x SD card reader, 1X AC adapter plug.

Sistem operasi yang digunakan masih DOS (kosongan), sedangkan untuk garansinya 1 tahun resmi dari Asus Indonesia.

Avita Essential 14 (Intel Celeron N4020, 4GB RAM, 128 GB SSD, 14″ FHD IPS, DOS) – Mulai dari Rp. 3,9 jutaan

Brand yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang, namun satu hal yang pasti dari produk-produk laptop yang ditawarkan selalu memberikan spesifikasi terbaik di kelas harganya termasuk dengan Avita Essensial laptop 14 inci ini dibanderol dengan harga Rp. 3,9 jutaan saja.

Bicara tentang layar disini bukan hanya ukurannya saja yang 14 inci tapi juga menggunakan panel laptop kelas mahal dengan panel IPS yang memiliki viewing angle, contrast dan warna yang lebih baik dibanding panel TN/VA yang biasa ada pada laptop entry level.

Resolusi layar yang diberikan Full HD (1920 x 1080 px), gendengkan. Laptop 3 jutaan mana yang memberikan layar 14 inci panelnya pakai IPS resolusinya Full HD.

Kita lanjut ke spesifikasi, Avita Essential 14 ini menggunakan processor favorit kelas entry Intel Celeron N4020, RAM 4 GB LPDDR4 (up to 8 GB) dan menggunakan 128 GB SSD sebagai storage.

Hal lainnya seperti wifi sudah menggunakan wifi 802.11AC, juga sudah dilengkapi bluetooth, webcam, port-port seperti: 2xUSB 3.0 type A, HDMI, MicroSD Card, dan headphone jack.

Untuk sistem operasinya masih DOS (kosongan) so harus install sistem operasi sendiri.

Bicara garansi laptop ini bergaransi resmi Avita Indonesia selama 2 tahun.

Catatan

Semua laptop diatas menggunakan minimal 4 GB, sebenarnya ada juga laptop RAM 2 GB namun tidak saya masukan ke daftar rekomendasi karena menurut saya RAM 2 GB sudah tidak layak baik untuk penggunaan sistem operasi Windows ataupun Chrome OS saat ini dan kedepannya.

Harga laptop diatas berdasarkan harga yang saya dapatkan di online marketplace, untuk anda yang ingin membeli secara langsung di toko/secara offline maka harganya bisa lebih tinggi tergantung tempat anda membelinya.

Semua harga yang tertera harga baru bukan harga bekas ataupun harga dari produk ex-display.

Saya sendiri tidak merekomendasikan membeli laptop bekas atau ex-display karena kualitas produk yang bisa dikatakan tidak selalu bagus dan tidak semua orang punya pengetahuan tentang untuk mengetahui kondisi hardware sebuah laptop.

Harga online yang saya tuliskan bisa jadi berubah juga di marketplace bisa naik atau turun tergantung kondisi permintaan dan stok pasar.

Semua produk laptop diatas bisa dikatakan type terbaru yang masih produksi dan tersedia dipasar Indonesia.

Glosarium

Chromebook: Laptop dengan sistem operasi Chrome OS.

Chrome OS: Sistem operasi buatan dari google yang dibuat sederhana dan ringan dijalan meski dengan spesifikasi rendah.Didukung juga dengan aplikasi dari Android melalui Playstore sehingga bisa mendukung banyak produktifitas lain

DOS: Tanpa sistem operasi, kosongan dan mengharuskan anda menginstall sistem operasi terlebih dahulu agar laptop bisa digunakan.

  • Kekurangan: harus install sendiri, tidak bisa langsung pakai.
  • Kelebihan: harga laptop lebih murah.

Garansi Distributor: Jika ada kerusakan pada laptop maka anda hanya bisa mengklaim garansi ke pihak/service center distributor laptop.

  • Kekurangan: service center distributor masih sedikit tidak sebanyak dari service center resmi brand tersebut.
  • Kelebihan: anda mendapatkan harga yang lebih murah.

Garansi Resmi: Jika ada kerusakan pada laptop maka anda bisa mengklaim garansi diseluruh service center brand laptop tersebut.

eMMC: penyimpaan yang biasa didapati pada smarphone, table, dan laptop kelas entry level. Maksimal kapastitasnya hanya 128 GB jika lebih dari itu produsen laptop biasanya memberikan 2 eMMC sebagai tambahannya. Untuk kecepatan masih kalah dengan SSD tetapi lebih cepat dibanding Hardisk.

Hardisk (HDD): menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar untuk laptop kelas entry sekalipun mulai dari 500 GB tetapi secara kecepatan paling lambat dibawah SSD dan eMMC.

SSD: menawarkan kecepatan paling tinggi, kapasitasnya biasanya kecil untuk laptop murah karena harga SSD mahal dibanding eMMC ataupun HDD.

Mungkin cukup sekian rekomendasi laptop murah dari saya mulai dari laptop dengan sistem operasi chromebook ada, laptop dengan sistem operasi Windows 10 ori ada, ataupun laptop dos tanpa sistem operasi buat yang mau ngirit juga ada, kedepan akan saya update terus daftar laptop rekomendasi di kelas harga 2 – 3 jutaan.

Next artikel saya akan berikan rekomendasi laptop dikelas harga diatasnya, ditunggu saja. Jika dirasa artikel ini bermanfaat bisa share artikel ini ke sosial media anda anda. Jika ada pertanyaan bisa diskusikan di kolom komentar dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.