Relationship Manager Adalah? Berikut Penjelasan dan Tugasnya

76 View

multimedialy.com – Hallo sobat bertemu lagi dengan admin yang selalu memberikan informasi yang menarik. Nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang Relationship Manager.

Dalam sebuah perusahaan pastinya saja terdapat berbagai macam posisi manajer atau orang yang mempunyai sebuah wewenang untuk mengatur orang-orang yang ada di bawahnya.

Setiap manajer yang ada di sebuah perusahaan, mempunyai tanggung jawab dan juga tugas yang berbeda-beda satu sama lain. Salah satu manajer yang mempunyai peran penting di dalam bidang sales atau penjualan yaitu Relationship Manager.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu relationship manager?

Dan apa tugas yang diemban, sampai-sampai mempunyai peran penting bagi perusahaan? Mari simak penjelasan lengkapnya, mulai dari pengertian, hingga tugas-tugas yang dimiliki oleh seorang relationship manager!

Baca Juga:

Apa itu Relationship Manager?

Manajer hubungan atau relationship manager adalah orang yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk membangun dan menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya, seperti mitra ataupun klien perusahaan.

Sebagian orang yang bekerja pada posisi ini, ada yang bekerja dengan klien, yang tugas utamanya yaitu untuk membantu klien dalam menghadapi segala tantangan dalam bisnis, maupun meningkatkan sales opportunity guna menarik pelanggan baru.

Tetapi ada juga yang bekerja dengan pelanggan atau customer, yang tugas utamanya yaitu menjawab segala kebutuhan dan kendala yang dihadapi oleh pelanggan perusahaan. Dan memastikan jika perusahaan selalu dapat memenuhi harapan dan juga tuntutan yang diinginkan oleh pelanggan.

Untuk beberapa kasus tertentu, relationship manager yang berpengalaman akan bekerja dengan keduanya yaitu klien dan juga pelanggan. Tugas utamanya yaitu menjaga hubungan baik dengan keduanya, dan juga memenuhi segala kebutuhan dari kedua pihak tersebut.

Baca Juga:

Tugas Relationship Manager

Terdapat beberapa tugas yang diemban oleh seorang manajer hubungan. Tetapi pada dasarnya tugas seorang relationship manager yaitu membangun dan menjaga relasi yang baik dengan klien dan juga pelanggan. Disamping itu semua, terdapat tugas-tugas lain, seperti berikut ini:

  1. Mengidentifikasi Prospek Perusahaan
  2. Membedakan Konsumen Perusahaan
  3. Melakukan Interaksi dengan Pelanggan

Skill yang Harus Dikuasai Seorang Relationship Manager

Menjadi seorang manajer pastinya saja perlu untuk mempunyai berbagai macam kemampuan dan keterampilan yang mumpuni. Hal ini tentu saja berhubungan dengan tugas dan juga tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang manajer, termasuk seorang manajer hubungan.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang manajer hubungan, diantaranya:

  • Memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang baik
  • Memiliki kemampuan problem solving dan analytical thinking yang mumpuni
  • Memiliki personality atau sikap yang ramah terhadap pelanggan maupun klien
  • Memiliki pengalaman yang cukup dalam pelayanan pelanggan dan penjualan
  • Memiliki kemampuan untuk membimbing, membangun, membina, serta memelihara hubungan baik dengan pihak luar secara profesional
  • Memiliki pengetahuan yang mendalam terkait pelayanan pelanggan dan juga CRM (Customer Relationship Management)
  • Memiliki pemahaman mendalam dan menguasai visi, misi, serta tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan
  • Mampu untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan sebaik-baiknya
  • Memiliki pengetahuan manajemen hubungan dan mampu mempraktekkannya secara profesional
  • Memiliki gelar sarjana yang berkaitan dengan pekerjaan manajemen hubungan, seperti komunikasi, marketing, manajemen, dan sejenisnya

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu relationship manager beserta tugas dan juga kemampuan yang harus dikuasai.

Maka bisa disimpulkan bahwa relationship manager adalah orang yang bertugas untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan juga klien dari perusahaan yang mereka tempati. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.