Tahun Baru Islam 2022 Jatuh Pada Tanggal

multimedialy.com – Hallo sahabat multi bertemu lagi dengan admin yang selalu memberikan informasi yang menarik. Nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang Tahun Baru Islam 2022 Jatuh Pada Tanggal.

Umat Islam sebentar lagi akan merayakan 1 Muharram atau yang biasa dikenal dengan Tahun Baru Islam. Kapan Tahun Baru Islam 2022?

Tahun Baru Islam merupakan salah satu hari penting untuk umat Islam. Hari ini menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam, yaitu memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada 622 Masehi.

Tahun Baru Islam diperingati pada tanggal 1 Muharram di kalender Hijriah. Bulan Muharam sendiri adalah bulan yang penuh kemuliaan dan masuk sebagai salah satu ‘bulan haram’. Di bulan ini, umat Islam dilarang berperangan dan melakukan kezaliman.

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram,” bunyi Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 36.

Baca Juga:

Setiap perbuatan dosa serta terpuji yang dilakukan di bulan Muharam akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda.

Lantas, kapan Tahun Baru Islam 2022?

Tanggal Tahun Baru Islam 2022

Tahun Baru Islam 2022 Jatuh Pada Tanggal

Untuk menentukan tanggal Tahun Baru Islam dibutuhkan konversi dari sistem penanggalan Hijriah ke Masehi. Kalender Hijriah sendiri adalah sebuah sistem penanggalan Islam yang dibuat berdasarkan peredaran bulan.

Waktu pada tahun Hijriah biasanya lebih pendek sekitar 11 hari daripada tahun Masehi. Jika satu tahun berarti 365 hari pada penanggalan Masehi, maka pada penanggalan Hijriah satu tahun menjadi 354 atau 355 hari.

Sampai sekarang ini, belum ada pengumuman tentang tanggal pasti jatuhnya 1 Muharram 1443 Hijriah dari Kementerian Agama (Kemenag). Tetapi, pemerintah sudah sepakat bahwa Tahun Baru Islam menjadi hari libur nasional.

Berdasarkan kalender libur nasional, Tahun Baru Islam 2022 jatuh pada Sabtu, 30 Juli 2022.

Tetapi, perlu diketahui juga, penetapan Tahun Baru Islam juga dapat untuk dihitung dari awal bulan Zulhijah 1443 H. Pada tahun ini, Kemenag sudah menetapkan 1 Zulhijah jatuh pada 1 Juli 2022.

Pada penanggalan Hijrah, bulan Zulhijah terdiri dari 30 hari. Jika mengikuti penanggalan ini, maka 1 Muharram atau Tahun Baru Islam jatuh pada Minggu, 31 Juli 2022.

Terlepas dari kapan Tahun Baru Islam 2022, umat Islam tetap disarankan untuk menyambut 1 Muharram dengan penuh suka cita. Jangan lupa untuk memperbanyak amal dan ibadah sunah di bulan Muharam.

Gallery for Tahun Baru Islam 2022 Jatuh Pada Tanggal

Leave a Reply

Your email address will not be published.